1. Perhatikan Kebersihan Tangan

Cucilah tanganmu dengan sabun sebelum menyentuh / mencuci muka. Setelah beraktivitas seharian, tanganmu akan banyak mengandung kuman dan bakteri. Dengan mencuci tangan, kuman tidak akan berpindah ke wajahmu.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/cuci-tangan1480567136627.jpg

2. Jangan Memakai Sabun Mandi

Sabun mandi mempunyai tingkat keasaman yang tinggi dibanding dengan sabun yang khusus digunakan untuk wajah. Oleh sebab itu disarankan tidak mencuci wajahmu dengan sabun mandi. Penggunaan sabun mandi dalam waktu yang lama akan membuat kulitmu menjadi kering. Pilihlah sabun / pembersih muka yang tepat sesuai jenis kulitmu.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/sabun-mandi11480566827432.jpeg
baca juga

3. Cucilah Wajahmu 3 sampai 5 Menit

Tujuan mencuci wajah adalah agar kuman dan bakteri yang menempel setelah seharian beraktivitas di luar menjadi luluh dan hilang. Terlebih jika kamu menggunakan make up, dimana beberapa jenis kosmetik sengaja diciptakan agar tahan lama dan tidak cepat luntur di wajah. Durasi 3 - 5 menit adalah waktu yang tepat untuk mencuci muka.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/time1480571012471.jpg

4. Lakukan Pijatan

Saat kamu mencuci wajah, tidak ada salahnya memijat seluruh bagian wajah hingga merata. Dengan pijatan, kuman dan bakteri yang menempel akan ikut terangkat bersama dengan sabun / pembersih wajah. Lakukan pijatan keluar wajah secara lembut dan merata agar wajah yang lelah menjadi kencang dan segar kembali.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/memijat-muka1480567157442.jpg
baca juga

5. Gunakan Air Suam - Suam Kuku

Air yang suam - suam kuku akan membuka pori - porimu, sehingga kotoran dan debu yang menempel di dalam pori - pori akan terangkat dengan mudah. Air suam - suam kuku juga baik untuk kesegaran wajah.

source: http://visagedebebe.com/

6. Gunakan Handuk Yang Bersih

Keringkan wajah dengan handuk kering yang lembut dan bersih. Handuk yang kasar akan menyebabkan kulitmu menjadi kering dan bersisik. Bedakan antara handuk wajah dengan handuk mandimu, karena kulit wajah merupakan kulit yang paling sensitif. Setelah mengeringkan wajah, jemurlah handuk di tempat yang teduh, bukan dibawah sinar matahari langsung. Handuk yang dijemur diluar seharian akan banyak kuman dan debu yang  menempel.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/keringkan-muka1480567176268.jpg

7. Lakukan Sehari 2 Kali

Jangan malas untuk mencuci wajah. Kuman dan bakteri yang menempel akan menumpuk menjadi jerawat jika tidak langsung dibersihkan. Cucilah wajahmu sehari 2x di kala pagi dan sore hari setelah kamu selesai beraktivitas.

source: http://www.fogis.de/