1. Extra Virgin Olive Oil (Minyak Zaitun)

Alasan penduduk Spanyol menggunakan minyak zaitun adalah karena minyak ini memberikan rasa yang lezat dan hasil yang lembut pada masakan. Sebaiknya hindari memilih minyak zaitun dengan label "blended" dan "light", karena tidak akan memberikan rasa yang bagus dan kualitasnya tidak lebih baik dari yang "virgin".
source: http://www.gabirose.com/Blog/Just-say-NO-to-Refined-Vegetable-Oil
Kantor Parlemen di Alhambra memproduksi sendiri minyak zaitun. Memproduksi minyak zaitun dari tanaman yang tumbuh di padang rumput di taman adalah yang paling berharga di Eropa.
source: http://www.spanishfoodworld.co.uk/cookbook/spanish-ingredients-products/

2. Tomat dan Saus Tomat

Orang Spanyol menikmati tomat dengan berbagai cara. Baik yang masih segar maupun yang sudah diolah akan bermanfaat untuk hidangan yang berbeda. Meskipun tomat tidak selalu ada di setiap hidangan, orang Spanyol tetap membutuhkan tomat di dapur karena mereka menyukai tomat.
source: http://gaia-export.com/spanish-tomatoes/
Tomat sangat menyukai sinar matahari dan butuh banyak air, dan Spanyol memiliki iklim yang baik untuk menanam tomat dan memproduksi 3 juta ton setiap tahun.
source: http://spanishfood.about.com/od/essentialingredients/a/tomatoes.htm

3. Bawang Merah Spanyol

Setidaknya selalu ada minimal 3-4 siung bawang merah di dapur. Orang Spanyol menggunakan bawang merah untuk hidangan omelet dan hidangan-hidangan utama yang lain. Bawang merah ini memiliki rasa yang kuat dan manis yang dibutuhkan di setiap masakan.
source: http://www.aromaonline.com.au/product_info.php?cPath=116_121&products_id=1598&osCsid=c0387f91313b56428d06fe03ecfb1c17
Memiliki bentuk yang sama seperti bawang bombay, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar, rasa yang ringan dan lebih manis dari bawang merah lain. Baik untuk membuat omelet, salsa, dan masakan yang digoreng lainnya.
source: http://www.bbcgoodfood.com/glossary/onion

4. Pimenton (Paprika Spanyol)

Paprika merupakan salah satu bumbu dapur Spanyol yang paling esensial. Ada banyak hidangan Spanyol yang menggunakan pimenton sebagai bumbu. Paprika asal Spanyol atau dikenal dengan nama pimenton ini adalah paprika yang sudah dikeringkan dan diolah menjadi bubuk.
source: http://www.theperfectpantry.com/2008/05/pimentn.html
Pimenton banyak digunakan untuk hidangan-hidangan Spanyol, digunakan untuk menambah karaktaristik rasa dan warna pada makanan.
source: http://www.proper-spanish-tapas.com/tapas-ingredients.html

5. Sherry Vinegar (Cuka Anggur)

Cuka Sherry berasal dari proses fermentasi buah anggur yang disimpan dalam barrel kayu selama minimal enam bulan hingga puluhan tahun. Cuka sherry memiliki rasa yang lebih manis dan lebih berat dibandingkan red wine. Cuka sherry juga sering digunakan untuk membuat saus, acar, mustard, terutama salad dan gazpacho.
source: http://hairulsadikinwineandfoodpairing.blogspot.com/
Cuka Sherry hanya dapat dipasangkan dengan bumbu-bumbu yang sangat beraroma selama tidak membuat hidangan menjadi terlalu kuat.
source: http://foodreference.about.com/od/Ingredients_Basics/a/Vinegar-Varieties.htm
Kelima bumbu di atas adalah bumbu yang banyak digunakan dalam masakan Spanyol. Bumbu-bumbu di atas umumnya merupakan olahan sendiri dari Spanyol dan merupakan produk yang diekspor ke beberapa restoran dengan menu Spanyol di luar negeri. Oleh karena itulah Spanyol menjadi salah satu negara dengan masakan terlezat.