Tahukah kamu bahwa sebenarnya salah satu kunci kesuksesan penurunan berat badan adalah dengan memperhatikan pola makan yang tepat? Beberapa jenis makanan ternyata memiliki keistimewaan yang bisa mengontrol berat badan. Makanan ini juga cukup mudah didapatkan di Indonesia. Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. 
 

1. Daging Merah

Beberapa wanita yang sedang menjalani diet kerap mengurangi konsumsi daging. Padahal sebenarnya daging mengandung protein yang baik untuk tubuh dimana protein dapat memenuhi kebutuhan kalori pada otot. Kuncinya pilih saja daging yang tanpa lemak. Biasanya daging tanpa lemak terdapat pada daging khas bagian dalam (tenderloin) dan daging has bagian luar (topside). Untuk cara pengolahannya, sebaiknya tidak menggunakan minyaky ang berlebihan. Kamu bisa mengolah daging sapi dengan cara ditumis atau membuat daging asap. 
 

source: http://www.alodokter.com/mengolah-daging-sapi-dengan-benar


 

2. Alpukat

Buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi. Eits, tapi tunggu dulu lemak yang terdapat pada alpukat merupakan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Alpukat juga memiliki kandungan serat sehingga kamu bisa merasakan kenyang yang lebih panjang. Mengonsumsi alpukat juga menghindari kamu ngemil di malam hari. 
 

source: http://www.medicalnewstoday.com/articles/295427.php

3. Bayam

Bayam boleh saja disajikan sebagai hidangan pembuka. Fungsinya agar kamu tidak terlalu banyak makan dan bisa mengontrol seberapa besar porsi makanan utama kamu. Menurut sebuah penelitian Journal of The American College of Nutrition, bayam mengandung selaput thylakoid yang bisa menghasilkan hormon kenyang. Bayam juga memiliki kandungan glutathione, alpa lipoic acid, serta serat. Kandungan tersebut ternyata sangat bagus untuk mengikat lemak jahat seperti kolesetrol (LDL) serta meningkatkan rasa kenyang. Bila bosan dengan bayam yang selalu dibuat sayur, coba hidangkan bayam sebagai salad dan isian sandwich atau burger
 

source: http://doktersehat.com/bayam-makanan-sehat-bagi-otak/


 

4. Ikan

Laut Indonesia memang cukup dikenal kaya akan sumber daya ikan. Tahukah kamu bahwa beberapa jenis ikan seperti salmon, mackerel dan sarden mengandung asam lemak omega 3 atau lemak sehat yang baik untuk tubuh? Jenis lemak yang terdapat pada ikan tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingg berperan dalam menurunkan berat badan.

Omega 3 juga berperan dalam meningkatkan hormon leptin di mana hormon ini dapat mengontrol nafsu makan. Ketika sensitivitas leptin meningkat, maka metabolisme juga akan meningkat dan keinginan untuk makan juga akan berkurang. Jadi, jangan abaikan ikan salmon dan sarden ya. 
 

source: http://manfaat.co.id/manfaat-ikan-salmon


 

5. Cabai

Sebagai ciri khas makanan Indonesia yang pedas, cabai ternyata dapat menurunkan berat badan. Banyak yang tidak menyadari bahwa cabai ternyata mampu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa cabai memiliki zat yang dinamakan capsaicin. Zat inilah yang mampu meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses penurunan berat badan. Sesekali kamu boleh menyantap makanan pedas. Pada prosesnya zat ini dapat menstimulasi tubuh dengan menciptakan panas melalui proses thermogenesis sehingga dapat menurunkan berat badan.  
 

source: http://kingofwallpapers.com/chili.html


 

Itulah beberapa makanan yang bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. Selain itu dengan tetap mengimbanginya dengan olahraga teratur. Selama proses berlangsung berat badan tidak bisa turun secara drastis tapi lebih dengan cara bertahap. Untuk prosi harian protein dianjurkan 0,8-1 gram per kilogram berat badan. Sedangkan untuk sayuran dan buah membutuhkan 50-100 gram setiap kali makan. Selamat mencoba.