source: http://www.shefinds.com/2015/if-you-have-trouble-sleeping-at-night-you-need-to-try-this/


 


1. Selalu Gunakan Sarung Bantal yang Bersih

Although it sounds simple, but it really does affect your skin, Ladies! Walaupun terdengar sepele, tapi tidur dengan sarung bantal yang kotor bisa mengundang jerawat untuk muncul lho. Mengapa demikian? Hal ini bisa terjadi karena debu, minyak, dan kotoran yang berasal dari rambutmu akan berpindah ke permukaan sarung bantal ketika kamu tidur, dan kotoran ini bisa menumpuk dan berubah menjadi sarang bakteri. Karena itu, sangat disarankan bagi kamu untuk mengganti sarung bantal minimal setiap seminggu sekali untuk memastikan kebersihannya. 


2. Jangan Gunakan Handuk Kotor untuk Mengeringkan Wajah

Handuk kotor telah kamu gunakan berkali-kali sebelumnya pastinya telah terpapar kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di sela-sela kain handuk. Selain itu, handuk yang lembap dan penuh akan kotoran biasanya juga menjadi rumah bagi para bakteri dan kuman. Karena itu, jangan lupa untuk sering mengganti handukmu dengan yang baru untuk menjaga kebersihan kulit.


3. Tidak Menggunakan Handphone Sebelum Tidur

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau handphone bisa mempengaruhi kecantikan kulitmu. But, that's the truth. Handphone yang sering mengalami kontak dengan tangan dan benda-benda asing merupakan sumber bakteri yang tidak bisa dihindari. Bakteri yang ditemukan pada handphone ini bisa membahayakan kecantikan kulitmu dan memicu timbulnya jerawat pada wajah, terutama pada bagian sekitar bibir dan pipi. So, sebisa mungkin hindari penggunaan handphone pada malam hari sebelum tidur. Jika kamu memang memiliki kebiasaan menelpon malam hari, mulai dari sekarang kamu bisa membiasakan menggunakan headset atau membersihkannya dengan tisu basah yang mengandung alkohol terlebih dahulu. 


4. Hindari Mengonsumsi Snack atau Makanan Manis Sebelum Tidur

Permen atau makanan manis yang mengandung gula yang tidur bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh dan memicu timbulnya inflamasi, which means memperparah keadaan jerawatmu. Selain itu, gula juga bisa meningkatkan level energi pada tubuhmu sehingga membuatmu tidak mengantuk pada malam hari. Nah, kekurangan tidur ini bisa meningkatkan zat glucocorticoid, sejenis steroid yang bisa menyebabkan breakout. 


5. Tidur Menghadap ke Langit

Yes, this is the best sleeping position to avoid breakout! Tidur menyamping hanya akan meningkatkan intensitas kontak antara rambut dan wajah sehingga peluang untuk munculnya jerawat akan lebih tinggi. Rambut yang berminyak dan dipenuhi oleh debu dan kotoran dari lingkungan luar lagi-lagi bisa menjadi sarang bagi bakteri. Untuk itu, posisi tidur menghadap ke atas dengan rambut ditarik ke atas sangat disarankan untuk kamu yang ingin menghindari jerawat. 


6. Tidur di Ruangan yang Dingin

Tahukah kamu? Suhu ruangan yang panas akan membuat pori-pori di wajahmu semakin membesar lho. Pori-pori yang besar ini pastinya akan menjadi "jalan masuk" yang baik bagi keringat, bakteri, dan debu yang nantinya akan menyumbat pori-pori. Kombinasi ini akan memicu timbulnya jerawat pada wajah. 


7. Jangan Lupa Untuk Melakukan Night Skincare Routine

Hal yang paling terpenting dan paling ampuh untuk membuat wajah terbebas dari jerawat adalah dengan rajin melakukan perawatan malam yang rutin untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Dari mulai cleansing, exfoliating, hingga ritual hydrating sangat esensial untuk kulit bersih dan awet muda. Untuk urutan langkah-langkah menggunakan skincare malam, kamu bisa cek di sini