source: http://www.stylecraze.com/


1. Pola Hidup yang Kurang Sehat

Salah satu penyebab utama dan yang paling sering terjadi pada mereka yang memiliki masalah kulit wajah berminyak adalah karena pola hidup yang kurang sehat. Seperti yang sudah Beautynesian ketahui, bahwa mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan mampu menyebabkan masalah minyak dan jerawat pada kulit wajah. Selain itu, sering begadang dengan jadwal istirahat yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab kulit wajah memproduksi sebum berlebih.

Dalam hal ini, tentu saja kamu harus mau mengubah pola hidupmu tersebut untuk menghentikan masalah kulit wajahmu yang berminyak. Imbangi asupan harianmu dengan buah dan sayuran, dan tidurlah secara teratur setiap malam serta hindari begadang yang terlalu sering.


2. Faktor Biologis

Jika orang tua kamu memiliki kulit wajah yang tampak sering berminyak, bisa jadi masalah minyak pada kulit wajahmu itu disebabkan karena faktor genetik yang diturunkan dari orang tuamu. Selain karena genetik, masalah kulit wajah berminyak juga dapat disebabkan karena adanya masalah atau perubahan kondisi hormon pada tubuhmu. Misalnya, karena kamu sedang mengalami masa pubertas, atau karena kamu sedang dalam masa kehamilan.

Untuk penyebab yang satu ini biasanya memang cenderung sulit untuk dihindari. Maka dari itu, jika kamu mengalami masalah kulit wajah berminyak yang disebabkan oleh faktor biologis, disarankan untuk lebih memerhatikan asupan makanan serta produk kecantikan yang digunakan. Namun jika masalah kulit berminyak karena faktor biologis ini cukup kronis sampai menyebabkan jerawat, maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit.


3. Salah Produk Kecantikan

Salah memilih produk kosmetik atau skincare juga bisa menjadi penyebab masalah kulit berminyak pada kulit wajah kamu lho Beautynesian. Jika jenis kulit kamu sebelumnya adalah normal atau kering, namun kemudian berubah menjadi berminyak, cobalah untuk mengevaluasi kembali produk kosmetik atau skincare terakhir yang kamu gunakan. Apakah kamu sempat mencoba atau mengganti poduk yang biasa kamu gunakan sebelumnya? Bisa jadi itulah penyebab perubahan kondisi kulit wajah kamu. 

Jika masalah kulit berminyakmu disebabkan karena faktor kesalahan penggunaan produk, sebaiknya kamu menghentikan penggunaan produk tersebut secepatnya sebelum masalah kulit berminyakmu semakin parah. Biarkalah kulit wajahmu berisitirahat sejenak dari pengaruh produk hingga kembali seperti normal, dan usahakan untuk menghindari produk dengan kandungan yang sama dengan produk yang menyebabkan kulit wajah kamu berminyak. 


4. Dehidrasi

Tahukah kamu bahwa kulit berminyak juga merupakan cara bagi kulit wajah untuk memberitahukan kalau ia mengalami dehidrasi? Yup, itu benar lho Beautynesian. Kulit wajah yang dehidrasi akan cenderung memproduksi minyak alami yang lebih banyak.

Oleh sebab itu, meskipun kulit wajah kamu berminyak, jangan pernah berpikir bahwa pelembab itu tidak perlu! Karena justru sebaliknya, kulit wajah kamu memberikan sinyal bahwa ia membutuhkan pertolongan. Gunakanlah produk skincare yang mampu menghidrasi kulit wajah kamu seperti produk yang mengandung hyaluronic acid.  


5. Stres

Faktor lainnya yang mungkin tidak kamu sadari telah menjadi penyebab dari kulit wajah berminyakmu adalah stres. Pasalnya, ketika kamu stres, produksi hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat sehingga produksi minyak dari kelenjar minyak pun turut meningkat. Nah, hal inilah yang menyebabkan tubuh kamu menghasilkan minyak berlebih, termasuk kulit pada wajah kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja dengan menghindari pikiranmu dari stres. Selalu berpikir secara positif dan jangan membebani pikiranmu dengan masalah karena stres hanya akan memberikan kerugian bagi tubuh kamu.