Seiring dengan banyak dikenalnya budaya Korea di Indonesia, maka dikenal pula kuliner-kuliner dari negeri ginseng tersebut. Ternyata, bahan-bahan makanan yang sering tampil pada Korean Food berikut ini punya bmanfaat besar untuk kesehatan. Apa saja sih?

Kkaet-ip (Daun Wijen)

KKaet-ip atau daun wijen adalah sumber kalsium, mangan, tembaga, besi dan vitamin E. Karena banyaknya kandungan mineral di dalamnya, daun wijen dapat menurunkan tekanan darah dan melawan kerusakan oksidatif di hati. 

source: http://3hungrytummies.blogspot.co.id/2009/10/korean-torture-part-2.html

Gim (Rumput Laut Korea)

Gim atau rumput laut kaya akan sumber vitamin yang memiliki bebrapa manfaat, antara lain dapat mengatur tiroid dan fungsi hormonal, kaya akan serat, menurunkan berat badan, melindungi dari bahaya kanker dan dapat membantu mendetoksifikasi tubuh.

Nah, kamu pasti sering menjumpai tokoh drama Korea yang sedang berulangtahun atau setelah melahirkan, dibuatkan sup rumput laut. Ternyata hal ini bukan hanya sekedar tradisi masyarakat di Korea, sup rumput laut ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sebab, sup ini terkandung sumber yodium, kalsium, serat, asam omega, serta vitamin B1 dan B3.Waah!

source: http://www.gangnamstudentvoice.com/iss22/a-wave.html

Ohya, di Korea sendiri, rumput laut juga bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Ada Miyeok (untuk sup/salad), Dashima (diambil sarinya dan dibuat kaldu), Kim (untuk kimbab/snack) dan Seaweed Flake (untuk nasi kepal/disajikan bersama mie/nasi/bubur).

Bae (Asian Pear)

Asian pear ini kaya akan serat, vitamin K dan vitamin C. Serat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah dan menstabilkan tekanan darah. Sedangkan vitamin K bermanfaat untuk mengatur fungsi darah. Jika kamu mengkonsumsi 1 buah pir ini dalam 1 hari, hal ini setara dengan asupan harian vitamin C yang diperlukan tubuh untuk perbaikan serta memelihara kesehatan tulang dan gigi.

source: http://blog.snackfever.com/2016/10/best-ways-to-eat-the-beloved-asian-pear/

Insam (Ginseng)

Nama lain dari Korea sendiri adalah negeri ginseng, karena ginseng selalu mewarnai berbagai olahan makanan dan banyak dibudidayakan masyarakat Korea. Di pasar tradisional, kamu akan menemui berbagai jenis ginseng sayur yang bentuknya kecil-kecil dan digunakan untuk bahan sayur.

Beberapa makanan di Korea memang banyak menggunakan ginseng, seperti samgyetang (sup ayam ginseng). Bahkan beberapa masyarakat di Korea sering mengunyah ginseng ini secara langsung.

Ginseng yang merupakan sumber antioksidan ini memeiliki beberapa manfaat, antara lain: meningkatkan stamina tubuh supaya tidak kelelahan, mengeluarkan cairan dalam tubuh yang tidak diperlukan, mencegah iritasi, mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan membuat kulit kamu lebih bercahaya. Selain untuk sayur atau dimakan langsung, ginseng juga dikonsumsi melalui teh, tablet/suplemen, dan bahkan permen.

source: http://www.thealthbenefitsof.com/ginseng-health-benefits-for-women/