Melakukan eksfoliasi kulit memang penting untuk dilakukan agar kita bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan halus. Pasalnya, proses eksfoliasi pada kulit wajah ini mampu mengangkat kulit mati beserta kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit wajah. Untuk melakukan eksfoliasi wajah pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Nah, berikut ini 3 cara eksfoliasi yang bisa kamu pilih.

 

Eksfoliasi Dengan Menggunakan Scrub

source: https://www.facetofeet.com

Eksfoliasi kulit wajah dengan menggunakan scrub merupakan cara paling umum yang digunakan oleh orang-orang dalam membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Hal ini memang merupakan cara instan untuk mendapatkan kulit yang halus, sebab butiran-butiran scrub yang lembut sangat ampuh untuk membersihkan kotoran, kulit kering, serta kulit yang telah mati sehingga hanya meninggalkan lapisan kulit yang halus.

Namun bagi kamu yang memiliki jenis wajah sensitif atau berjerawat, sebaiknya kamu menghindari cara eksfoliasi kulit wajah yang satu ini karena menggosokan butiran-butiran scrub pada wajah yang sensitif atau berjerawat hanya akan membuatnya menjadi iritasi. Bayangkan saja jika luka pada tubuhmu kamu gosok-gosokkan dengan pasir, pastinya lukamu itu akan semakin parah bukan?

 

<baca juga>

Eksfoliasi Dengan Menggunakan Bahan Kimia

source: http://beautifulyoumedspa.com/services/chemical-peels/

Jika cara eksfoliasi kulit dengan menggunakan scrub merupakan cara yang umum digunakan, maka cara eksfoliasi kulit dengan menggunakan bahan kimia atau chemical exfoliation merupakan cara yang sedang banyak digandrungi para perempuan saat ini. Pasalnya, cara eksfoliasi ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kulit serta tidak meninggalkan residu seperti layaknya scrub. 

Produk chemical exfoliation biasanya terwujud dalam bentuk toner dan mengandung AHA (Alpha Hydroxy-Acids)  atau BHA (Beta Hydroxy-Acids). Cara mengaplikasikannya pun sama seperti toner. Maka dari itu, cara eksfoliasi yang satu ini bukan hanya bisa diaplikasikan pada jenis kulit yang normal dan berminyak, tetapi juga pada kulit yang sesitif atau berjerawat. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang exfoliating toner, kamu bisa mengetahuinya di sini.


 

Eksfoliasi Dengan Menggunakan Exfoliating Tools

source: http://www.wisebread.com/the-5-best-facial-cleansing-brushes


Last but not least, kamu bisa menggunakan exfoliating tools untuk membantu membersihkan kulit wajahmu dari kotoran dan kulit mati. Pada zaman dahulu, batu apung merupakan cara yang populer dilakukan oleh para perempuan untuk membersihkan kulit mereka. Namun sekarang, exfoliating tools lebih banyak terwujud dalam bentuk brush yang lembut. Nah, exfoliating brush ini pun terbagi lagi menjadi exfoliating brush biasa dan electric exfoliating brush yang menggunakan listrik dan cenderung lebih canggih karena mampu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah dengan lebih efektif dan maksimal. Jadi, cara eksfoliasi mana yang paling cocok untuk kulitmu?