1. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Produk Haircare
 

source: http://www.tooprettyforthis.com/glamour-news/using-conditioners-is-the-only-way-you-can-keep-a-curly-tuft-of-hair-healthy.html


Apakah kamu menggunakan pelembap atau vitamin rambut ketika rambutmu sudah kering setelah keramas? Kalau begitu kamu salah! Agar vitamin dan pelembap rambutmu dapat terserap secara optimal hingga ke akar rambut keritingmu, sebaiknya gunakan setelah selesai keramas dan ketika rambutmu masih setengah basah. Rambut yang basah ini akan lebih mudah menyerap vitamin dan produk hair care-mu sehingga kamu bisa merasakan manfaat yang maksimal.
 


2. Hindari Penggunaan Shampoo yang Berbusa
 

source: http://stylesatlife.com/articles/winter-hair-care-tips/


Memang shampoo yang memiliki busa banyak bisa membersihkan rambut dengan lebih maksimal. Tapi foam yang dihasilkan dari shampoo ini bisa menjadi musuh rambut keritingmu. Shampoo dengan busa yang banyak bisa mengikis kelembapan alami rambut serta menghilangkan minyak di kepala sehingga rambut keritingmu bisa menjadi kering. Kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana jika rambut keritingmu kering? Yup, pastinya rambutmu bisa lebih mengembang dari biasanya. 

Sebaiknya, gunakan conditioner pembersih rambut yang selain bisa melembutkan layaknya conditioner, tetapi juga bisa membersihkan rambut seperti shampoo. Conditioner ini tentunya akan lebih aman dan bersifat lebih lembut sehingga bisa menjaga kelembapan rambut. 
 


3. Hindari Penggunaan Handuk Kering untuk Mengeringkan Rambut
 

source: http://www.thelist.com/22913/ways-youre-ruining-curly-hair/


Penggunaan handuk kering hanya membuat rambut keritingmu semakin kering lho. Hal ini bisa terjadi karena handuk kering akan menciptakan gesekan yang cukup kasar sehingga mampu mengikis kelembapan rambutmu. Padahal, kelembapan adalah kunci utama agar rambut kertingmu lebih mudah diatur. Tidak hanya membuat rambut semakin kering, penggunaan handuk kering juga bisa membuat rambutmu semakin kusut. Lebih baik, kamu membiarkan rambut basahmu agar kering secara alami atau kamu bisa menggunakan handuk setengah basah yang less harmful untuk mengeringkan rambutmu.
 


4. Ketahui Sisir yang Tepat untuk Rambut Keritingmu
 

source: http://www.tjchangke.com/top-health-issues/yun-nam-hair-care-steps-you-can-take-to-prevent-split-ends/


Bagi kamu pemilik rambut keriting seharusnya kamu sudah paham ya dengan rule satu ini. Yup, kamu memang tidak boleh memilih sisir yang asal-asalan karena hal ini bisa membuat rambutmu semakin kusut ataupun rontok. Nah, rambut keriting yang memang cenderung lebih kusut ini sebaiknya dirawat dengan menggunakan sisir yang memiliki rongga yang renggang. Sisir dengan gigi yang rapat hanya akan menarik rambut terlalu keras serta akan merusak bentuk rambut keritingmu.
 


5. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut dan Memegangnya
 

source: http://www.thelist.com/22913/ways-youre-ruining-curly-hair/

Bagi pemilik rambut keriting, kamu pasti tahu kan tantangan terberat memiliki rambut keriting adalah untuk tidak memain-mainkannya? Yes that's right. Kebiasaan memainkan rambut keritingmu dengan mengulir-ngulir ataupun menggulungnya bisa membuat rambutmu semakin kusut. Kamu juga tidak boleh terlalu sering menyisirnya karena bisa merusak bentuk keritingnya. So, try to not touch your hair too often!