Sebenarnya urutan makeup setiap wanita memang berbeda-beda tergantung pada kenyamanan masing-masing. Tidak ada urutan yang pasti makeup apa yang harus digunakan. Ada yang mengawali makeup mata terlebih dahulu baru kemudian makeup wajah. Namun, bisa juga sebaliknya. Biasanya makeup yang paling terakhir dilakukan yaitu riasan bibir dengan mengaplikasikan lipstik. Bila kamu masih bingung, panduan urutan makeup ini akan mempermudah kamu para pemula dalam merias wajah.
 

1. Riasan Wajah

Untuk riasan wajah, kamu bisa menggunakan face primer atau moisturizer terlebih dahulu. Sebaiknya pilih salah satu saja karena moisturizer yang teksturnya ringan sekalipun akan menggaggu saat digunakan bersama face primer. Bila ingin menghadiri acara penting, kamu bisa memilih face primer yang bisa membuat tampilan wajah lebih halus dan makeup tahan lama. Nah untuk acara sehari-hari, kamu bisa menggunakan pelembap. Akan lebih baik bila kamu memilih produk yang memiliki SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari. 
 

source: http://femaledaily.com/blog/2015/12/12/kenali-face-primer-dan-manfaat-bikin-kulit-wajah-tampak-halus/


 

baca juga

Setelah face primer, kemudian aplikasikan foundation secara merata pada wajah dan leher. Gunakan secukupnya menggunakan jari tangan atau spons. Foundation dapat meratakan warna kulit wajah. Bila memiliki noda pada wajah seperti noda hitam, bekas jerawat atau warna kemerahan, tutupi menggunakan concealer. Namun, bila tidak memiliki noda pada wajah, pemakaian concealer bisa kamu abaikan. Terakhir, jangan lupa aplikasikan bedak tabur agar foundation lebih tahan lama. 

Cristina Bartolucci, Creative Director dari brand kosmetik NYXmenyarankan agar tidak menggabung pemakaian primer dan moisturiese. "Pilih satu, jangan keduanya. Moisturizer, selembut apapun teksturnya akan mengganggu fungsinya bila digunakan bersamaan dengan primer," ujar Cristina.
source: http://wolipop.detik.com/read/2013/08/30/072953/2344824/234/urutan-yang-tepat-dalam-menggunakan-make-up


 

2. Riasan Mata

Saat merias bagian mata, kamu juga membutuhkan eye primer. Produk ini dapat membantu mencegah eyeshadow luntur saat berkeringat. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow sesuai warna yang diinginkan. Setelah eyeshadow pulaskan eyeliner untuk memperindah bentuk mata. Terkahir, sapukan maskara untuk melentikkan bulu mata. Sedangkan untuk merias alis bisa dilakukan sebelum atau sesudah merias mata.

 

source: http://www.lazada.co.id/urban-decay/


 

baca juga

3. Riasan Pipi

Ingin menambahkan contour pada wajah untuk membuatnya lebih tirus? Kamu bisa menarik garis tepat dibawah tulang pipi dari dekat telinga ke arah bibir untuk membentuk ilusi wajah lebih tirus. Untuk memberikan efek sun-kissed glow, kamu bisa menggunakan bronzer di sepanjang tulang pipi sampai ke puncak tulang pipi teratas. Terakhir, sapukan blush on agar wajah tampak merona segar. Bila ingin lebih tahan lama, pilih blush on jenis cream. Namun bila memiliki kulit wajah yang berminyak, kamu bisa menggunakan yang jenis powder. 
 

source: http://begitu.com/cara-memakai-blush-on-untuk-wajah-bulat-dan-pipi-tembem/


 

4. Riasan Bibir

Finally, sempurnakan penampilan dengan memakai lipstik. Agar bibir tampak halus dan lembut, kamu bisa mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu. Setelah itu, bingkai bibir menggunakan lip pencil agar lipstik tampak lebih rapi. Lip pencil ini bisa juga digunakan sebagai warna dasar sebelum lipstik. Terkahir, aplikasikan lipstik kemudian tambahkan lip gloss bila ingin terlihat lebih berkilau.

 

source: http://indonesia.style.com/beauty/beauty-news/koleksi-maybelline-spring-2016-menghadirkan-rangkaian-lipstik-cair-terbaru