Kesahatan yang Kurang Baik

Kelahiran prematur rupanya tidak membawa kondisi kesehatan bayi kedepannya menjadi kurang baik. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa bayi dengan kelahiran prematur memiliki resiko penyakit jantung yang lebih besar dibanding anak-anak lain.
source: http://purplecrying.info/protecting.php
Berat lahir yang sangat rendah, pengambilan darah berulang, pembedahan, dan masalah pernafasan, bisa memengaruhi kadar stres pada orang-orang yang dulunya lahir prematur. Sumber stres semacam ini bisa memproduksi hormon kortisol yang lebih tinggi, yang memengaruhi pengaturan metabolisme, respons kekebalan, dan sirkulasi darah. - Mary Sullivan, Profesor Pediatri University of Rhode Island.
source: http://female.kompas.com/read/2011/07/02/17150055/Efek.Lahir.Prematur.Terasa.Saat.Dewasa

Kondisi Kejiwaan yang Tidak Stabil

Menurut dr. Rina, Spesialis Anak RSPI Pondok Indah, bayi yang terlahir di usia 26 minggu memiliki kondisi fisik yang lemah dan berdampak pada kondisi kejiwaan. Bayi prematur akan tumbuh menjadi sosok yang selalu penuh curiga.
source: http://www.planetamama.com.ar/nota/cuando-los-chicos-no-quieren-ir-la-escuela
Bayangkan saja, bayi 26 minggu yang seharusnya masih ada di dalam rahim sudah harus berada di inkubator atau NICU (Neonatal Intensive Care Unit), diinfus, disuntik-suntik, tanpa didampingi. Akhirnya saat dewasa dia akan jadi orang yang curigaan. - dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)
source: http://health.detik.com/read/2013/09/26/170119/2370485/1300/bayi-yang-lahir-prematur-saat-dewasa-bisa-lebih-nakal
Oleh karena itu, dr. Rina juga berharap agar rumah sakit di Indonesia mampu menyediakan tempat tidur khusus untuk orang tua atau keluarga inti bayi prematur di samping tabung inkubator bayi.

Memiliki Masalah Dengan Perilaku

Adanya masalah dengan perilaku ini masih terkait dengan kondisi kejiwaan yang masih labil. Rasa curiga berlebihan ketika dewasa juga mampu memicu kenakalan anak. Dari penjelasan dr. Rina, anak yang terlahir prematur lalu tumbuh menjadi orang yang mudah curiga, selalu berpikir 'kenapa orang lain tidak memperhatikannya?', 'kenapa dia diperlakukan berbeda?'. Dari pikiran semacam inilah yang membuat anak akan melakukan kenakalan terlebih dahulu sebelum orang lain berbuat nakal terhadapnya.
source: http://www.wsacc.org.au/387/are-your-children-fighting/
Meskipun anak-anak yang terlahir prematur bermasalah dengan perilaku mereka, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kenakalan yang lebih serius seperti gangguan perilaku, penggunaan narkoba, atau depresi. - Patient.co.uk
source: http://www.patient.co.uk/doctor/premature-babies-and-their-problems

Keterlambatan dalam Belajar

Bayi terlahir prematur memiliki beberapa bagian otak yang masih belum berkembang dengan sempurna. Akibatnya ada hal-hal tertentu yang akan menghambat bayi prematur belajar dalam hal akademis ketika ia dewasa. Resiko IQ rendah yang dimiliki bayi prematur pun juga menjadi ancaman bagi para orang tua. Hal ini biasa terjadi pada bayi yang lahir sebelum 33 minggu.
source: http://www.parents.com/blogs/parents-perspective/tag/homework/
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi prematur yang lahir di bawah umur kehamilan 33 minggu menunjukkan gejala penurunan volume otak yang menyebabkan penurunan IQ pada masa remaja. - Patient.co.uk
source: http://www.patient.co.uk/doctor/premature-babies-and-their-problems

Cara Merawat Bayi Prematur

Beberapa kemungkinan di atas tidak selalu terjadi pada bayi prematur. Ada cara bagi orang tua menghindari risiko-risiko buruk yang mengancam pertumbuhan bayi prematur. Salah satunya adalah dengan cara mengajak sang bayi bicara, baik saat masih dalam kandungan ibu atau dalam perawatan inkubator. Usaha orang tua atau keluarga inti membentuk kedekatan dengan bayi sejak dini akan sangat membantu perkembangan fisik dan mental bayi prematur.
source: http://www.babycenter.com.my/c545788/your-birth-stories
Efek suara ibu ini memang bisa berpengaruh terhadap perkembangan awal otak sang bayi, termasuk bayi prematur. - Dr. Amir Lahav, Pediatrik di Rumah Sakit Brigham and Womens Boston.
source: http://www.motherandbaby.co.id/mobile/article/2015/3/5/3460/Ajak-Bayi-Berbicara-Sejak-dalam-Kandungan
Namun, bayi prematur dapat menjadi sangat produktif, seperti yang ditunjukkan oleh daftar tokoh terkenal yang terlahir prematur pada website Inggris. Mereka termasuk Albert Einstein, Isaac Newton dan Charles Darwin. - Patient.co.uk
source: http://www.patient.co.uk/doctor/premature-babies-and-their-problems
Itulah beberapa hal penting untuk para orang tua yang memiliki bayi prematur. Resiko-resiko yang dapat terjadi pada bayi prematur memiliki korelasi terhadap kedekatan yang dibangun orang tua. Oleh sebab itu, para orang tua harus lebih aktif untuk berkomunikasi pada bayi sejak dalam kandungan agar pertumbuhan bayi stabil.