1. Selalu Gunakan Pelembap Bibir Sebelum Mengaplikasikan Lipstick

source: https://blog.lucilleroberts.com/beauty/chapped-lips-find-out-whats-causing-it


Pelembap bibir memiliki peranan sangat penting dalam menjaga bibir agar tetap lembut dan ternutrisi. Apalagi bagi kamu para lipstick junkie, produk lip care ini wajib hukumnya untuk kamu miliki. Kamu bisa memilih produk lip balm ataupun lip butter dengan kandungan alami karena akan lebih gentle digunakan pada kulit bibir yang cenderung lebih tipis.

Sebaiknya, pilihlah lip balm atau lip butter yang mengandung coconut oil karena manfaatnya yang mampu menghidrasi bibir secara optimal. Jika memang bibirmu sudah terlanjur kering dan pecah-pecah, sebaiknya kamu mengobatinya dengan menggunakan petroleum jelly karena kandungannya yang mampu menyembuhkan luka sekaligus menjaga bibir agar tetap lembap. 
 


2. Rutin Melakukan Eksfoliasi Bibir
 

source: https://willowtreesoapcompany.biz/products/luscious-lips-lip-scrub


Sama seperti kulit wajah, eksfoliasi bibir juga sangat penting untuk kamu terapkan lho. Perawatan eksfoliasi ini bisa merontokkan sel-sel kulit mati pada bibirmu yang sering menjadi kering karena penggunaan lipstick matte yang rutin. Nah karena itu, supaya kulit bibirmu bisa tetap halus dan lembut, kamu wajib melakukan eksfoliasi bibir secara rutin. 

Untuk melakukan eksfoliasi ini kamu bisa membuat sendiri DIY Sugar Scrub dengan hanya mencampurkan madu dan gula putih. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggosokkan sugar scrub ini secara halus pada bibir dengan jarimu. Atau, kamu juga bisa menggunakan bantuan sikat gigi agar sel kulit mati dapat lebih terangkat dengan maksimal. Lakukan eksfoliasi bibir ini minimal 3 kali dalam seminggu agar kulit bibir bisa terasa selalu halus dan cantik ketika diaplikasikan lipstick.


 

baca juga


3. Malas Membuat Lip Scrub? Cukup Gunakan Sikat Gigi atau Lip Butter untuk Eksfoliasi
 

source: http://fashionpheeva.com/photos-benefits-of-lip-exfoliation/


Merasa kalau membuat DIY Lip Scrub itu terlalu ribet? Tenang saja karena kita punya alternatif lainnya! Untuk mengeksfoliasi bibir, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang basah atau hanya menggunakan lip butter. Kamu hanya perlu mengambil sikat gigi yang bersih dan membasahinya dengan sedikit air. Gosokkan secara lembut pada seluruh area bibir dan kamu akan melihat sel kulit mati di bibirmu terangkat dengan maksimal. As simple as that.

Alternatif lainnya, kamu bisa mengoleskan lip butter pada bibirmu dan tunggu hingga mengering. Setelah itu gosokkan secara lembut bibirmu dengan menggunakan jari dan sel kulit matimu sudah akan rontok berjatuhan. Do you want to try?

  


4. Hindari Menggunakan Tisu atau Tisu Basah untuk Menghapus Lipstick
 

source: http://www.huffingtonpost.com/2013/11/11/makeup-remover-wipes_n_4239214.html


Apakah kamu hobi menghapus lipstickmu dengan tisu kering atau tisu basah? Itu hanya akan membuat bibirmu semakin kering dan kasar! Gesekan yang terjadi ketika kamu menghapus lipstickmu dengan tisu kering bisa membuat bibirmu semakin kering. Di sisi lain, jika kamu menggunakan tisu basah untuk membersihkan lipstickmu, kandungan alkohol yang ada di dalamnya bisa menghilangkan kelembapan alami bibir sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa saja terjadi.

Lebih baik, gunakan micellar water untuk membersihkan lipstickmu karena kandungannya yang ringan dan mampu mengangkat kotoran dan makeup secara maksimal. Atau, kamu juga bisa menggunakan coconut oil yang memiliki tekstur yang lebih lembut untuk bibir.


 

baca juga


5. Jangan Gunakan Lipstick Ketika Pecah-Pecah
 

source: http://www.stylecraze.com/articles/6-beauty-tips-for-healthy-pink-lips/


Bibir yang pecah-pecah menandakan bibir yang terluka. Jika bibirmu sedang terluka, jangan lantas menghajar bibirmu dengan lipstick matte atau lipstick yang memiliki tekstur yang pekat. Hal ini hanya akan memperparah keadaan bibirmu. Biarkan bibirmu bernapas sejenak dan mengobatinya dengan petroleum jelly.

Tapi jika kamu masih ingin bibirmu terlihat merah merona, sebaiknya kamu menggunakan produk seperti tinted lip balm atau colored lip balm yang bisa memberikan warna pada bibirmu sekaligus memberikan nutrisi yang diperlukan. 

Nah Beautynesian, sekarang kamu sudah tahu kan rahasia mendapatkan bibir yang tetap lembut walaupun sering menggunakan lipstick matte? Mulai dari sekarang, yuk biasakan melakukan hal-hal berikut ini agar bibirmu tetap lembut dan cerah!