1. Keluar Rumah Tanpa Menggunakan Sunscreen
 

source: http://www.wisebread.com/the-5-best-facial-moisturizers


Kemanapun kamu pergi, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah ya. Sunscreen ini bisa menangkal sinar matahari untuk masuk ke dalam kulit yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, flek hitam, keriput, hingga kanker kulit. Keluar rumah tanpa perlindungan sunscreen juga hanya akan memperparah kondisi wajah jerawatmu karena akan terlihat lebih kusam. Kamu tidak mau kan wajahmu berjerawat sekaligus terlihat kusam? Karena itu jangan sampai melewatkan ritual menggunakan sunscreen ya!
 


2. Menggunakan Produk Skincare dan Makeup yang Mengandung Alkohol
 


Kulit yang berjerawat bisa menjadi sangat sensitif terhadap bahan-bahan aktif terkandung dalam skincare, terutama alkohol. Jika kamu sedang jerawatan, sebaiknya hindari produk skincare ataupun kosmetik yang mengandung alkohol di dalamnya karena kulit yang sensitif akan menimbulkan reaksi yang buruk terhadap alkohol. Terlebih lagi, sifat alkohol yang membuat kulit semakin kering hanya akan menambah tumpukan sel kulit mati pada lapisan luar kulit yang tentunya dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Jadi, mulai sekarang kamu harus rajin mengecek kandungan skincare-mu dan berhenti menggunakan skincare berbahan dasar alkohol
 

<baca juga>


3. Hobi Memegang dan Menggaruk Kulit
 

source: http://www.huffingtonpost.com/2012/11/27/adult-acne-in-women-can-signal-hormone-problems_n_2198763.html


Jerawat memang tidak jarang terasa gatal dan sangat tempting untuk digaruk. Eits tapi tunggu dulu, menggaruk jerawat ini hanya akan membuatnya semakin parah! Menyentuh ataupun menggaruk jerawat hanya akan memperparah jerawatmu karena tangan hanya akan men-transfer lebih banyak bakteri dan kuman pada kulit berjerawatmu. Karena itu, jangan sampai kamu iseng-iseng memegang atau menggaruk jerawatmu karena gatal ya. Sebagai solusinya, kamu bisa mengoleskan moisturizer atau salep jerawatmu yang mengandung anti-inflamasi dan antibacterial properties yang bisa menenangkan kulitmu yang gatal.
 


4. Memencet Jerawat
 

source: http://www.salon.com/2016/09/29/the-primal-appeal-of-pimple-popping-videos-our-obsession-with-gross-anatomy-has-deep-roots/


Do not ever pop out your pimple! Jangan pernah mencoba untuk memencet sendiri jerawatmu karena tindakanmu ini hanya akan melukai bagian epidermis dan bagian dalam kulit sehingga akan meninggalkan bekas jerawat yang hitam. Kamu tidak ingin kan wajahmu dipenuhi oleh bekas jerawat? Untuk itu kamu harus stop memencet sendiri jerawatmu! Daripada memencet jerawat, lebih baik kamu menggunakan serum atau salep jerawat yang bisa mengeringkan jerawat secara cepat. Hal ini akan lebih efektif dalam mengempeskan jerawat daripada kamu harus melukai kulitmu.
 

<baca juga>