Jogging memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jogging yang dilakukan dengan benar sangat penting diperhatikan agar jogging efektif dan tidak menimbulkan cedera. Beberapa hal berikut ini terlihat sepele tapi penting kita perhatikan agar tidak menimbulkan masalah saat jogging.
 

1. Waktu & Asupan Makan yang Tepat Sebelum Jogging.

Makan sebelum jogging dibutuhkan agar asupan energi dan kalori tubuh untuk jogging mencukupi. Hal yang harus kita hindari adalah makan 2 jam sebelum jogging. Makan 2 jam sebelum jogging bisa menyebabkan kram dan mual pada perut kita.
 

source: https://www.onnit.com/academy/should-you-skip-breakfast-for-faster-fat-loss/

Selain itu patut juga kita perhatikan asupan makanan sebelum melakukan jogging. Makanan yang kita makan sebaiknya dalam porsi yang cukup dan tidak tinggi lemak maupun protein. Karena asupan makanan dalam jumlah besar dan tinggi lemak serta protein dapat membebani sistem tubuh ketika jogging. Kita bisa mencoba dengan menerapkan komposisi makanan 50% karbohidrat, 40% protein, 10% lemak, dan jangan lupa dengan asupan vitamin dari buah dan sayur.

baca juga

2. Perhatikan Perlengkapan Jogging yang Digunakan.

Perlengkapan yang tepat sangat dibutuhkan untuk jogging yang benar agar terhindar dari cedera. Apabila kita mempunyai perlengkapan jogging baru seperti sepatu, lebih baik jangan langsung dipergunakan untuk jogging jarak jauh, akan tetapi pergunakan dulu untuk lari jarak dekat untuk melemaskan sepatu dan memastikan kenyamanannya agar terhindar dari lecet pada kaki.

source: http://bensbargains.com/thecheckout/bens-bytes/kids-school-5-ways-can-take-advantage-back-school-sales/

Sama halnya dengan perlengkapan lain yang baru seperti celana pendek, kaos kaki, atau bahkan bra. Gunakan perlengkapan lari tersebut untuk jarak dekat dahulu untuk memastikan perlengkapan baru tidak akan menimbulkan lecet atau bra sport yang kita gunakan benar-benar dapat menopang dengan tepat.

Topi sebaiknya tidak digunakan saat jogging ketika cuaca hangat apalagi panas. Karena saat jogging panas tubuh akan meningkat, kemudian oleh tubuh 70% panas tubuh dikeluarkan dari bagian atas kepala. Oleh sebab itu penggunaan topi saat cuaca hangat atau panas akan menghambat pelepasan panas tubuh ketika kita jogging.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh yang terhidrasi memang penting untuk diperhatikan. Waktu yang tepat untuk minum bila hendak jogging yaitu 1 jam sebelum jogging terutama bila jogging yang dilakukan adalah jogging jarak jauh (jogging lebih dari 1 jam).

source: http://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/why-drinking-water-only-when-you-are-thirsty-is-bad-for-you-d915/

Hindari pula minuman yang mengandung banyak gula seperti jus dan minuman kemasan sekalipun sesaat dapat memberi efek menyegarkan akan tetapi membuat energi tubuh mudah menurun saat jogging. Minuman yang mengandung gula juga dapat menyebabkan gangguan asam lambung sehingga menimbulkan rasa sakit dan mengganggu saat jogging.

baca juga

4. Persiapkan Kondisi Tubuh Sebelum Jogging

Kondisi tubuh yang sehat dan stamina yang baik akan menjadikan jogging lebih efektif dan bermanfaat. Kita perlu melakukan pemanasan yang dinamis agar tubuh siap dan terhindar dari cedera. Kita juga perlu memperhatikan kondisi tubuh. Apabila stamina sedang tidak fit dan ada cedera meskipun ringan sebaiknya istirahatkan tubuh dan jangan memaksakan diri untuk jogging. Apalagi memaksakan diri dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit sebelum jogging.