source: https://www.verywell.com/what-causes-acne-scars-15517

1. Menyentuh Wajah 

Ketika kulit wajah sedang berjerawat, hindari menyentuh kulit wajah dengan tangan kamu. Tangan merupakan penyumbang utama kotoran dan bakteri untuk kulit wajah kamu. Ketika kamu menyentuh wajah dengan tangan, maka kotoran dan bakteri akan berpindah dan masuk ke dalam pori-pori kulit. Jika hal ini terjadi, maka kotoran dan bakteri yang terperangkap pada pori-pori kulit akan semakin memperparah masalah jerawat pada kulit wajah kamu. Well, jika menyentuh wajah saja dilarang, apalagi memencet jerawat kamu.
  

2. Menggunakan Produk Berbahan Alkohol

Ketika kulit wajah kamu sedang berhadapan dnegan masalah jerawat, hindarilah produk kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung alkohol. Menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol hanya akan membuat kulit wajah berjerawat kamu menjadi sensitif dan iritasi. Sebisa mungkin, gunakanlah produk berbahan alami hingga masalah jerawat pada kulit wajah kamu hilang.


3. Menggunakan Produk Instan

Banyak produk perawatan kulit yang menjanjikan mampu menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Padahal sebenarnya, kulit membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk dapat pulih dari gangguan jerawat hingga menjadi normal kembali. Produk yang dapat menghilangkan jerawat secara instan biasanya mengandung bahan-bahan keras yang sebenarnya berbahaya bagi kulit. Namun, banyak orang yang lebih memilih menggunakan produk penghilang jerawat instan yang akhirnya menjadi tidak bisa lepas dari produk tersebut karena jika berhenti, maka masalah jerawat akan semakin bertambah parah. Maka dari itu, dibutuhkan perawatan kulit yang rajin dan juga kesabaran untuk menghadapi masalah jerawat.


4. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Siapa sih yang bisa menghindari godaan jajanan gorengan atau olahan daging yang menggiurkan? Makan berlemak memang cenderung lebih lezat dan kaya rasa. Namun, bersabarlah bagi kamu yang sedang menghadapi masalah kulit wajah berjerawat karena kamu nampaknya harus puasa dari makanan-makanan lezat tersebut. Jika hal yang satu ini terasa sangat sulit sekali untuk dihindari, maka paling tidak kamu harus mengurangi porsi makan berlemakmu dan mengimbanginya dengan minum air putih yang lebih banyak untuk menetralisir kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh.