1. Kunciran Rambut yang Terlalu Kencang
 

source: https://www.pinterest.com/explore/braids-for-long-hair/


Siapa sih yang tidak menyukai gaya rambut kepang atau ponytail? Bagi kamu pemilik rambut panjang mungkin gaya rambut ini bisa menjadi penyelamat kamu dari bad hair day. Tapi tahukah kamu kalau kunciran rambut yang terlalu kencang dapat menarik rambutmu hingga ke akar? Hal ini bisa menyebabkan kerontokan rambut dan rambut yang semakin rapuh karena terlalu sering tertarik. Apakah kamu tipe wanita yang doyan menguncir rambutmu dengan kencang? Kalau begitu mulai dari sekarang kamu harus merubah kebiasaan kamu tersebut agar rambutmu tidak semakin tipis. Biarkan rambutmu bernapas dan mengembalikan kekuatannya.
 


2. Menggunakan Jenis Sisir yang Salah
 

source: http://www.everydayhealth.com/healthy-hair/


Pernahkah kamu penasaran dengan jenis sisir yang sangat beragam? Ternyata masing-masing sisir tersebut memiliki fungsi yang berbeda lho. Jika kamu merasa rambutmu sering rontok ketika disisir, itu bisa jadi disebabkan karena penggunaan jenis sisir yang tidak sesuai. Pastikan kamu untuk selalu menggunakan sisir dengan rongga yang besar ketika menyisir rambut yang basah karena rambut basah cenderung lebih rapuh dibandingkan rambut yang kering. Lalu, sebaiknya kamu menggunakan sisir dengan tipe boar bristled brush atau sisir dengan ujung sikat karena bisa mengatasi masalah rambut  kusut secara lembut dan gentle serta meminimalisir jumlah rambut yang patah. 
 

baca juga


3. Terlalu Sering Men-Styling Rambut
 

source: http://magnavuonline.com/hair-styling-hold-style-set-appearing-naturally/


Paparan panas yang berasal alat styling rambut pastinya menjadi musuh terbesar rambutmu. Penggunaan catokan atau pengeriting rambut yang terlalu sering bisa menghilangkan nutrisi pada rambutmu serta merusak kutikula rambut. Akibatnya rambut akan menjadi kering, kusam, dan bahkan rapuh. Rambut yang rapuh ini sangat berpotensi pada kerontokan dan membuat rambutmu semakin tipis. Jadi, sebisa mungkin kamu harus meminimalisir penggunaan alat styling rambut. 
 


4. Memiliki Rambut yang Terlalu Panjang
 

source: http://www.hairstylesout.com/women-hairstyles-for-thick-coarse-hair-with-beautiful-examples/3/


Rambut panjang memang akan terlihat lebih anggun dan elegan dibandingkan potongan rambut pendek. Tapi jika dibiarkan terlalu panjang, rambutmu semakin rawan akan masalah kerontokan. Semakin panjang rambut, semakin besar juga beban yang ditanggung oleh akar rambut. Oleh karena itu, rambut yang sudah terlalu panjang biasanya akan lebih mudah rontok karena akar rambut sudah tidak kuat untuk menopang. Shorter is better. Kamu bisa mulai rutin memotong rambutmu selama 8 minggu sekali untuk menjaga rambutmu agar tidak terlalu panjang. 
 

baca juga


5. Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Tidak Cocok 
 

source: http://makeupandbeauty.com/7-ways-to-protect-your-hair-from-sun-damage/


Jika kamu tidak ingin rambutmu semakin tipis, hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung minyak ataupun silikion karena hanya akan memberatkan rambutmu. Akibatnya, beban yang ditanggung oleh akar rambut akan semakin berat sehingga bisa menyebabkan kerontokan. Sebaiknya gunakan produk perawatan rambut dengan bahan dasar yang ringan atau yang mudah mengering seperti alkohol sehingga tidak akan memberatkan akar rambut.
 


6. Salah Memilih Potongan Rambut
 

source: http://godfatherstyle.com/layered-haircuts-ideas/


Potongan rambut lurus dan flat adalah musuh bagi para pemilik rambut tipis. Untuk memberikan volume pada rambutmu dan membuatnya terlihat lebih tebal, kamu bisa memotong rambutmu dengan model layer yang bisa membentuk rambutmu dan memberikan ilusi rambut yang lebih tebal.