1. Contouring Hidung
 

source: http://www.beautyglimpse.com/give-nose-slimmer-look-makeup/


Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memanipulasi bentuk hidungmu adalah dengan contouring. Kamu bisa menggunakan foundation dua tingkat lebih gelap dan terang dari kulit aslimu pada area hidung untuk memberikan ilusi hidung yang lebih kecil dan mancung. Kamu bisa membaurkan foundation gelap pada bagian garis samping hidung, dan foundation yang dua tingkat lebih terang pada bagian pangkal hidung. Trick ini dapat memberikan kesan pangkal hidung yang lebih tinggi dan pinggiran hidung yang lebih kecil. Selain menggunakan foundation, kamu juga bisa menggunakan contour dan highlight kit untuk menggambar contour pada hidung. 
 


2. "Memotong" Hidung yang Panjang 
 

source: http://cms.facetofeet.com/makeup/2980/5/makeup-tips-membuat-hidung-besar-jadi-terlihat-kecil-dalam-sekejap


Jika kamu merasa hidungmu terlihat terlalu panjang, kamu bisa memperkecil ukuran hidungmu dengan cara memberikan shadow yang gelap pada bagian bawah hidung. Kamu bisa memanfaatkan foundation-mu yang berwarna gelap atau contour kit kamu dan oleskan di bagian ujung dan bawah hidung. Setelah itu, jangan lupa untuk mem-blend foundation gelap tersebut agar terlihat natural. 
 


3. Selalu Tutupi Mata Panda dengan Concealer
 

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/how-to/a32305/genius-concealer-hacks-every-woman-needs-to-know/


Kamu pasti bertanya-tanya apa hubungannya mata panda dengan bentuk hidung. Tapi tahukah kamu kalau lingkaran hitam di bawah mata kamu itu bisa membuat hidung besarmu itu lebih tersorot? Nantinya, perhatian orang-orang akan tertuju pada bagian matamu yang terlihat lelah dan hitam tersebut, dan otomatis pandangan mereka juga akan tertuju pada hidungmu yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menutup dark circle pada area matamu dengan concealer. 
 


4. Gunakan Makeup Mata yang Minimalis
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=2zFXMSwDuFU


Karena riasan mata yang mencolok dapat menarik perhatian, jadi lebih baik kamu menggunakan riasan mata yang simple agar perhatian tidak tertuju pada mata dan hidungmu. Kamu bisa menggunakan eye makeup yang simple seperti dengan cukup menggunakan eyeliner dan maskara saja, atau jika kamu memang perlu tampil glamor, kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan warna yang light dan tidak mencolok sehingga riasan matamu tidak terlalu standout. 
 


5. Gunakan Gaya Rambut Belah Pinggir
 

source: http://stylecaster.com/beauty/top-10-side-hairstyles/


Walaupun terdengar tidak relevan, tetapi model rambut juga bisa berperan besar dalam trik membuat hidungmu terlihat lebih kecil ini. Sebisa mungkin, kamu harus menghindari rambut dengan model belah tengah karena perhatian orang akan langsung tertuju pada bagian tengah wajahmu, and it will just make your big nose looks bigger. Daripada menata rambutmu dengan model belah tengah, sebaiknya kamu menata rambutmu menjadi belah pinggir  agar perhatian tidak tertuju pada bagian tengah wajahmu. Trik ini akan sangat efektif untuk menutupi kekurangan bentuk hidungmu yang besar.