1. Cleansing 
 

source: http://makeupandbeauty.com/diy-eye-makeup-remover-pads/


Urutan membersihkan wajah yang pertama adalah cleansing. Langkah pertama ini sangat penting dalam rangkaian membersihkan wajah karena berfungsi sebagai core atau intinya. Jadi, langkah ini wajib kamu lakukan dan tidak boleh di-skip. Kamu bisa menggunakan produk makeup remover atau milk cleanser untuk membersihkan wajahmu dari makeup dan kotoran yang menempel di pori-pori wajah. Atau, kamu juga bisa menggunakan micellar water yang bekerja seperti magnet yang bisa mengangkat segala kotoran dan makeup yang ada di wajah tanpa meninggalkan residu. 
 


2. Washing
 

source: http://food.ndtv.com/beauty/how-to-do-a-face-clean-up-at-home-6-steps-you-need-to-follow-1292115


Step kedua dalam ritual membersihkan wajah adalah mencuci wajahmu dengan sabun pembersih wajah. Kamu bisa menggunakan facial foam atau facial wash yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Untuk wajah berminyak dan berjerawat, sebaiknya kamu memilih sabun pembersih wajah yang mengandung oil control dan anti-bacterial properties seperti tea tree oil untuk membersihkan wajahmu sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sementara itu untuk pemilik wajah sensitif, sebaiknya kamu menghindari produk pembersih wajah yang mengandung parfum. Langkah mencuci wajah ini dilakukan untuk menghilangkan rasa greasy akibat milk cleanser atau makeup remover, sekaligus memastikan wajah agar benar-benar bersih. 
 

baca juga


3. Exfoliating Toner
 

source: http://www.noahhealth.org/tips-for-getting-rid-of-blackheads/#een


Langkah satu ini sangat esensial untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Exfoliating toner ini biasanya mengandung acid yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit yang mati sehingga wajahmu bisa benar-benar bersih dengan optimal. Jenis acid yang biasa digunakan untuk exfoliator toner ini antara lain adalah lactic acid ataupun salycic acid. Kedua acid ini akan bekerja aktif merontokkan sel kulit mati sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Tapi, bagi kamu pemilik kulit yang sensitif dan berjerawat harus lebih berhati-hati dalam memilih produk exfoliator toner ya karena bisa saja menyebabkan wajahmu iritasi dan breakout karena jenis tonernya yang cukup kuat. Sebaiknya, kamu memilih toner yang memiliki kandungan lebih ringan dan hanya menggunakannya sehari sekali. 
 


4. Hydrating Toner
 

source: http://www.today.com/style/michellar-cleansing-waters-are-rinse-less-way-wash-your-face-t11566


Setelah menggunakan exfoliating toner, wajahmu akan cenderung mengering dan membutuhkan hidrasi untuk mengembalikan kelembapan wajah. Nah, hydrating toner ini yang nantinya akan menghidrasi kulitmu, memberikan kesegaran dan mengembalikan pH balance pada kulit sehingga kulit kembali lembap dan supple. Biasanya hydrating toner ini mengandung bahan aktif hyaluronic acid di dalamnya yang dapat mengidrasi kulit dengan maksimal. Penggunaan exfoliating dan hydrating toner ini memang sudah lama happening di dunia skincare dan sering disebut dengan istilah Double Tone. And that's it, your cleansing routine is complete!

Setelah melakukan ritual membersihkan wajah ini, kamu tinggal menggunakan night care routine-mu dengan menggunakan serum, eye cream, moisturizer, dan night cream kamu. Yuk, mulai bersihkan wajahmu dengan optimal untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih, awet muda, dan terbebas dari jerawat! Selamat mencoba, Beautynesian!