1. Selalu Gunakan Celana Dalam yang Bersih
 

source: http://thecollegecrush.com/3-reasons-to-keep-your-panties-on/


The first and foremost, selalu kenakan pakaian dalam yang bersih. Pakaian dalam yang bersih ini tentunya akan menghindari bokong terkena bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan masalah hiperpigmentasi.  Lalu, jangan lupa untuk selalu mengganti pakaian dalam kamu setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat karena bisa menyebabkan udara di sekitar bokong lembap. Udara yang lebap ini merupakan salah satu penyebab utama dari kulit bokong yang gelap.
 


2. Pilih Pakaian dalam Berbahan Dasar Katun
 

source: https://id.pinterest.com/pin/336855247104185486/


Mengapa harus katun? Katun merupakan jenis bahan yang mampu menyerap air dan keringat dengan sangat baik sehingga bisa menjaga area bokong agar tetap kering. Selain itu, bahan katun juga terasa lebih lembut dan "adem" sehingga tidak akan melukai kulit bokong bagian luar. Hindari penggunaan pakaian dalam berbahan dasar lace atau bahan sintetis karena cenderung lebih panas dan bisa memicu keringat. Keringat yang berlebih ini tentunya tidak baik untuk kesehatan kulit karena akan membuat area bokong semakin lembap. 
 


3. Selalu Bersihkan Area Bokong Setelah BAB dan Ketika Mandi dengan Sabun

source: http://petermorwood.tumblr.com/post/113347130717/lightspeedsound-adagiofordinguses-botsandbibs


Bokong yang bersih merupakan kunci dari kulit bokong yang cerah. Kalau kamu tidak ingin bokongmu semakin menghitam, kamu harus selalu menjaga kebersihan bokongmu ya. Pastikan kamu selalu membersihkan area bokong dengan sabun setelah buang air besar dan ketika mandi. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri pada kulit dan membersihkan kotoran yang menempel dipermukaan kulit sehingga kulit bokongmu bisa selalu terlihat cerah. Jangan lupa juga untuk mengeringkan bokong yang basah dengan handuk atau tissue kering ya agar kulit bokong tidak lembap. So, always keep your buttocks clean!
 


4. Rutin Mengeksfoliasi Bokong
 

source: http://www.holisticvanity.ca/i-dont-want-no-scrubs-the-dl-on-dry-brushing/


Yup, tidak hanya kulit wajah, ternyata kulit bokong juga perlu dieksofiasi lho! Perawatan eksfoliasi ini dilakukan untuk mencegah sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk pada area bokong yang bisa menyebabkan kulit bokong terlihat kusam dan gelap. Kamu bisa melakukan eksfoliasi bokong secara rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan body scrub, atau dengan menggosokkan bokongmu dengan sikat mandi setiap hari. Kulit bokongmu pasti akan selalu cerah dan terbebas dari masalah bokong hitam.
 


5. Hindari Penggunaan Celana yang Ketat
 

source: http://www.gosocial.co/skinny-jeans-too-tight/


Celana yang ketat hanya akan "mencekik" area bokong dan Miss V kamu dan membuatnya tidak bisa bernafas. Bokong yang tertutup rapat ini pastinya akan menjadikan area bokong lebih lembap dan bisa menyebabkan warna bokong menjadi semakin gelap. Tidak hanya itu, penggunaan celana yang ketat juga hanya akan memperparah gesekan antara kulit dan celana sehingga peluang untuk bokong menjadi gelap sangatlah tinggi. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan celana atau rok yang longgar sehingga bokongmu bisa bernapas dengan lega.
 


6. Taburkan Bedak Bayi atau Talk di Area Bokong untuk Mengurangi Gesekan dengan Celana
 

source: http://www.salon.com/2015/05/10/why_arent_they_warning_women_about_it_the_lethal_danger_in_your_baby_powder_partner/


Untuk mengurangi gesekan antara kulit bokong dan celana ternyata ada triknya lho! Kamu bisa menaburkan bedak bayi atau talk secara merata di area sekitar bokong sehingga permukaan kulitmu menjadi lebih halus dan bisa mengurangi efek gesekan dengan celanamu. Pastinya, trik ini bisa bisa menghindarkan kamu dari kulit bokong yang hitam.

 


7. Selalu Semprotkan Cairan Pembersih dan Antiseptik Pada Dudukan Toilet 
 

source: https://www.tokopedia.com/babynkidshop/toilet-seat-sanitizer-sanitasi-dudukan-toilet


Dudukan pada toilet umum memang tidak bisa dijamin kebersihannya. Karena itu, Beautynesia sangat menyarankan bagi kamu untuk selalu membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya dengan semprotan antiseptik atau toilet seat sanitizer yang banyak dijual di supermarket atau drugstore. Kebiasaan ini bisa mencegah bakteri dan jamur pada dudukan toilet untuk berpindah ke bokongmu yang bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk menjaga kebersihan bokongmu ya Beautynesian agar terhindar dari masalah bokong yang gelap.