1. Hydrogen Peroxide
 

source: http://simpsonspringmarketplace.webs.com/hydrogen-peroxide


Jika telingamu penuh dengan kotoran, maka hydrogen peroxide ini bisa menjadi penyelamatmu. Bahan ini sudah populer digunakan untuk membersihkan telinga yang kotor. Dengan teksturnya yang akan menjadi bubbly dan foamy ketika digunakan, hydrogen peroxide bisa mengencerkan kotoran di telinga dan membersihkan corong telinga dengan baik. 

Cara pemakaianya juga sangat mudah dan tidak repot. Campurkan hydrogen peroxide 3% dengan air, kemudian teteskan ke kupingmu. Biarkan cairannya bekerja sebentar di telinga dan miringkan kembali kepalamu untuk mengeluarkan cairannya. 
 


2. Glycerin
 

source: https://www.walmart.com/ip/Humco-Glycerin-USP-Skin-Protectant-6-oz/10417582


Penggunaan cairan glycerin untuk membersihkan telinga telah terbukti efektif. Cukup miringkan kepalamu ke samping dan teteskan 3 hingga 5 tetes glycerin pada telingamu dengan menggunakan pipet. Lalu, sumbat lubang telinga dengan bola kapas dan biarkan glycerin bereaksi selama beberapa jam. Copot kapas dari telinga dan bilas menggunakan air hangat. Miringkan telingamu agar tidak ada sisa air yang menggenang di kuping. Jangan lupa untuk mengeringkan lubang telinga bagian luar dengan handuk atau blow dryer dan rasakan sensasi telinga yang bersih.
 

baca juga


3. Baking Soda
 

source: http://wegotreal.com/23-ways-clean-baking-soda/


Baking soda merupakan bahan alami natural yang efektif membersihkan earwax. Jika kamu memiliki masalah dengan warwax yang menumpuk di telinga, kamu tidak perlu repot-repot membeli obat atau pergi ke THT untuk membersihkannya. Cukup gunakan larutan baking soda dan kotoran telingamu bisa bersih seketika. 

Campur 1/4 sdt baking soda dengan 2 sdm air hingga merata. Lalu, miringkan kepalamu ke arah samping dan teteskan larutan baking soda ke dalam lubang telinga menggunakan pipet. Diamkan selama 10 menit dan perlahan-lahan tambahkan air hangat menggunakan semprotan. Miringkan kepalamu ke arah berlawanan agar cairan yang ada di telinga bisa mengering. Kamu akan melihat kotoran telingamu bercampur dengan larutan baking soda dan air. Lalu, bersihkan telinga menggunakan handuk kering.
 


4. Olive Oil
 

source: http://www.newhealthadvisor.com/Cold-Pressed-Olive-Oil.html


Selain baik untuk kecantikan kulit, ternyata minyak zaitun juga dapat membersihkan kotoran telinga dengan baik lho. Minyak zaitun dapat melembutkan kotoran telinga yang mengeras sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Plus, minyak zaitun juga mengandung antiseptik yang bisa mengurangi risiko infeksi pada telinga. 

Hangatkan minyak zaitun di dalam microwave atau di atas kompor dan masukkan 3 - 5 tetes minyak zaitun pada telinga yang tersumbat. Miringkan kepalamu dan bersihkan sisa minyak dan kotoran telinga yang masih menempel dengan kapas.
 

baca juga


5. Larutan Air Garam 
 

source: http://www.feelhealthylife.com/here-is-what-happens-for-seven-days-if-you-drink-a-cup-of-hot-water-with-sea-salt-the-results-are-stunning-nothing-prevents-you-to-try/


Yup mungkin kamu tidak akan menyangka, tapi ternyata air garam bisa membantu membersihkan telinga lho. Air garam mampu mengencerkan kotoran telinga yang menumpuk. Cukup larutkan 1 sdt sea salt pada 125 ml air. Lalu, miringkan kepalamu dan teteskan larutan garam ini di lubang telinga. Tahan posisi ini selama 3 - 5 menit dan miringkan kepalamu ke arah berlawanan sehingga air garam dapat keluar dari telinga.