Manfaat Toner untuk Kulit Wajah

source: http://giamcan247.vn/6-buoc-de-thai-doc-cho-da-tai-nha-nd539


Seiring dengan perkembangan waktu, semakin banyak variasi produk kecantikan, khususnya skincare, yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Ditambah lagi dengan pertambahan usia yang diiringi dengan kebutuhan perawatan ekstra akan membuat kebutuhan skincare semakin kompleks. Toner merupakah salah satu rangkaian produk skincare yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses perawatan kulit agar tampak cantik dan juga sehat. Buat kamu yang belum tahu, ini dia manfaat toner bagi kulit wajah:

Balancing: mengembalikan kondisi kelembapan kulit (pH) setelah proses cuci muka.
Exfoliating: mengangkat sel-sel kulit mati.
Hydrating: memberi hidrasi pada kulit.
Penetration: mempersiapkan kondisi kulit untuk dapat menyerap pelembab atau produk skincare lainnya secara maksimal.

 

Jenis-Jenis Toner

source: https://www.getthegloss.com/gallery/the-gloss-report-7-exfoliating-toners-reviewed


Adapun jenis toner berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi dua, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner merupakan toner yang memiliki fungsi untuk membersihkan kulit. Namun karena teksturnya yang cair seperti air,  biasanya kita membutuhkan kapas untuk pengaplikasiannya dan juga sekaligus menggosokkan wajah secara lembut sebagai proses pembersihan wajah. Biasanya, exfoliating toner memiliki kandungan  AHA, BHA, PHA, lactic acid, atau salycic acid yang digunakan sebagai eksfoliator kulit.

Sementara itu, hydrating toner merupakan toner yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dengan mengembalikan pH kulit setelah proses pembersihan kulit. Hydrating toner biasanya memiliki kandungan pelembap seperi Hyaluronic Acid atau Glycerin. Maka dari itu, kulit yang telah mendapatkan hidrasi dari hydrating toner biasanya akan mampu melakukan penyerapan produk skincare selanjutnya dengan lebih maksimal.

 

Apakah Kulit Wajahmu Membutuhkan Double Toning?


Saat ini, banyak perempuan yang melakukan double toning dalam rutinitas perawatan kulitnya. Apakah double toning itu? Double toning adalah penggunaan dua jenis toner sekaligus, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih sekaligus cerah. 

Jika kamu merasakan kulitmu mulai kusam, berkerut, atau tidak kenyal, kamu bisa menerapkan double toning untuk memperbaiki kondisi kulit kamu tersebut dengan memperhatikan kandungan toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Kamu bisa memperhatikan formula-formula khusus pada toner-toner yang berlabel 
exfoliating toner dan hydrating toner. 

Misalnya saja seperti exfoliating toner yang mengandung astringent adalah exfoliating toner yang diformulasikan khusus bagi kamu yang memiliki jenis wajah berminyak. Barulah setelah itu kamu menggunakan hydrating toner untuk menghidrasi kulit wajah kamu setelah proses exfoliating yang telah mengangkat sel-sel kulit mati beserta minyak dari kulit wajah kamu agar nantinya wajah kamu tidak menjadi kering dan memproduksi minyak yang lebih banyak lagi.

Sementara itu, bagi kamu pemilik wajah berjerawat, sebaiknya kamu menghindari
exfoliating toner yang mengandung astringent atau alkohol agar kulit wajah kamu tidak iritasi. Penggunaan exfoliating toner pada wajah berjerawat akan membantu proses purging sehingga kulit yang berjerawat akan menjadi lebih bersih. Sementara untuk kulit kering, lebih baik fokuskan pada hydrating toner agar kulit wajah bisa mendapatkan hidrasi yang cukup dan tidak cepat keriput. Apakah kamu tertarik untuk mencoba double toning ini, Beautynesian?