1. Terlalu Sering Mandi 
 

source: http://www.yogajournal.com/article/ayurveda/self-care-tip-five-nectars-bathing-ritual/


Walaupun mandi menjadi solusi untuk kulit menjadi segar, tetapi ternyata terlalu sering mandi malah menjadikan kulitmu semakin kusam lho. Ketika mandi, bakteri baik dan minyak alami yang terdapat kulitmu juga ikut terkikis bersama dengan sabun mandimu. Akibatnya, kulitmu akan menjadi kering dan memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk mengganti minyak yang terkikis. Kelebihan minyak pada kulit itu pastinya akan membuat kulitmu terasa lebih lengket dan kusam. Karena itu, hindari untuk mandi terlalu sering untuk menjaga kesegaran alami tubuh dan kulitmu. 
 


2. Menggunakan Produk Skincare yang Keras untuk Menghilangkan Jerawat
 

source: http://www.self.com/story/the-best-time-to-moisturize


Karena kamu memiliki kulit berjerawat, jangan lantas "menghajar" wajahmu dengan berbagai produk skincare yang keras yang biasanya menjanjikan hasil yang instan. Lebih baik, kamu memilih produk penghilang jerawat yang gentle di kulit dan terbuat dari bahan-bahan alami. Walaupun hasilnya tidak akan secepat produk yang keras, tetapi pastinya kulitmu akan lebih sehat dan lembap. Kulit yang lembap ini tentunya akan memberikan rasa segar yang lama pada kulitmu.
 

<baca juga>


3. Menggunakan Deodorant Antiperspirants
 

source: http://www.livestrong.com/article/165893-how-do-i-reduce-underarm-sweating-if-deodorant-doesnt-help/


Deodorant antiperspirant yang mampu menjaga ketiak tetap kering ini ternyata mampu membunuh bakteri baik pada ketiakmu dan menghentikan proses detoksifikasi natural kulit. Hal ini kalau dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan bau badan tak sedap pada tubuhmu lho. Sebaiknya pilih deodorant organik yang lebih baik dalam mengatasi keringat dan bau pada ketiak tanpa membuat kulit kering.

 


4. Menggunakan Sabun Anti-Bakteri yang Keras
 

source: http://www.glamourgirlandfunkythreads.com/shower-gel-bar-soap-or-body-wash-how-to-make-the-right-choice/


Bagi kamu yang belum tahu, sabun anti-bakteri ternyata dapat memicu iritasi pada kulit lho. Sabun anti-bakteri ini akan membunuh bakteri baik pada kulit yang menjaga kelembapan kulit sehingga bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Nah, kulit yang sedang iritasi ini akan menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti rasa gatal, infeksi dan bau. Pilih sabun mandi organik yang cocok untuk kulit sensitif seperti yang mengandung cocoa butter, olive oil, atau palm oil.

 

<baca juga>

5. Tidur dengan Seprai yang Kotor
 
source: http://blog.downlinens.com/7-sleep-tips-just-for-women/


Tidur dengan seprai bantal dan kasur yang kotor pastinya akan membuat tubuhmu terasa lengket dan kotor di pagi hari. Belum lagi keringat dan minyak yang diproduksi kulit pada malam hari bisa membuat mood mu jadi jelek dari mulai bangun tidur. Nah, agar kulitmu selalu terasa segar di pagi hari, jangan lupa untuk selalu rutin mengganti seprai bantal dan kasurmu dengan yang bersih ya. Tidur dengan seprai yang bersih juga bisa memberikan quality sleep dan membuatmu lebih lelap tertidur. 

Nah apakah ada kebiasaan di atas yang sering kamu lakukan? Kalau iya, ini saatnya kamu merubah kebiasaanmu!