Tahukah kamu bahwa castor oil merupakan bahan minyak alami tradisional yang sudah digunakan sejak jaman Ancient Egyptian untuk mengatasi berbagai masalah kulit hingga rambut? Karena keampuhannya tersebut, hingga sekarang castor oil masih sering digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan modern, seperti kosmetik, sabun, sampo, hingga minyak pijat.

Lalu apa sajakah manfaat dari castor oil yang bisa kita dapatkan? Berikut ini merupakan empat manfaat dari castor oil yang sudah Beautynesia rangkum untuk kamu.
 

Sebagai Produk Anti-aging untuk Wajah


 
source: https://www.thebeautyinsiders.com/castor-oil-for-crows-feet.html


Castor oil mengandung fatty acid yang bisa menstiulasi produksi collagen dan elastin di dalam lapisan kulit. Dengan demikian, castor oil dapat mencegah terbentuknya kerutan atau garis halus pada wajah dan memberikan tampilan kulit wajah yang lebih halus. Kamu bisa menjadikan castor oil sebagai produk anti-aging alami yang murah dan efektif. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskan castor oil pada bagian wajah yang rawan terbentuk kerutan, seperti dahi, sudut luar mata, sudut luar bibir, dan lainnya. Kamu juga bisa menepuk-nepukkannya pada bagian bawah mata kamu untuk menghilangkan dark circle lho.

 

Menghilangkan Jerawat dan Bekas Luka


 

source: https://id.pinterest.com/allankisala/wwwskintotscom/


Selain fatty acid, castor oil juga memiliki kandungan ricinoleic acid yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Dan karena ini merupakan minyak alami, maka kamu tidak perlu khawatir ada efek samping yang akan menyerangmu. Cara untuk mengatasi jerawat dengan castor oil pun juga tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membilas wajah kamu dengan menggunakan air hangat untuk membuat pori-pori wajah kamu terbuka terlebih dahulu. Kemudian, keringkanlah wajah kamu dengan menggunakan handuk bersih. Setelah itu, barulah kamu bisa mengoleskan castor oil pada area wajah yang terdapat jerawat. Kamu bisa mendiamkannya selama satu malam penuh untuk memastikan castor oil menyerap ke dalam lapisan kulit wajahmu yang berjerawat secara maksimal. Ketika pagi, kamu pun bisa mencuci wajah kamu seperti biasa.

Selain untuk mengatasi jerawat, castor oil juga sangat baik untuk menghilangkan bekas luka lama yang sulit sekali hilang lho. Hal ini dikarenakan kandungan fatty acid pada castor oil mampu meresap ke dalam lapisan epidermal kulit sekaligus menstimulasi pertumbuhan sel kulit yang baru untuk menggantikan sel kulit yang rusak. Meskipun hasilnya tidak bisa nampak secara instan, tetapi jika dilakukan secara rutin maka bekas lukamu akan menghilang secara permanen.

 

Menghilangkan Stretch marks


 

source: http://www.stylecraze.com/articles/ways-to-use-castor-oil-for-treating-stretch-marks/

Bagi para perempuan, stretc marks bisa sangat menganggu penampilan dan kecantikan kulit tubuh. Nah, bagi kamu yang ingin menghilangkannya, kamu bisa menggunakan castor oil yang tidak akan menguras kantungmu seperti produk penghilang stretch marks lainnya. Caranya yaitu cukup dengan mengoleskan castor oil pada bagian tubuh yang terdapat stretch marks, seperti bagian perut, paha, dan bokong. Jangan lupa untuk memijatnya selagi kamu mengoleskannya. Dengan perawatan secara rutin, kamu bisa mendapatkan kulit tubuh kamu bersih dari stretch marks. The key is just be patient.

 

Menumbuhkan Bulu Mata, Alis, Hingga Rambut


 

source: http://www.healthyfoodhouse.com/castor-oil-is-great-for-thickening-and-regrowing-hair-eyelashes-and-eyebrows/


Beralih kepada manfaat dari castor oil yang selanjutnya, yaitu untuk menstimulasi pertumbuhan bulu dan rambut. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan alis dan bulu mata yang tipis atau pitak pada kepalamu, kamu bisa menggunakan castor oil untuk menumbuhkan bulu atau rambut yang lebih lebat. Untuk alis dan rambut, caranya adalah dengan mengaplikasikan castor oil secara langsung pada alis dan bagian kepala yang pitak. Jangan lupa untuk memijatnya secara lembut untuk membantu melancarkan peredaran darah di bawah kulit dan menstimulasi pertumbuhan bulu atau rambut. Sementara untuk bulu mata, kamu bisa mengoleskan castor oil dengan menggunakan mascaramu yang sudah tidak terpakai. Lapisi brush mascaramu dengan castor oil, kemudian aplikasikan pada bulu mata kamu seperti kamu menggunakan mascara. Kamu bisa mendiamkan castor oil pada bulu mata, alis, dan kepalamu selama semalaman dan membersihkannya esok hari.