1. Membersihkan Eye Makeup dengan Lembut

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang membersihkan eye makeup dengan cara digosok? Hati-hati, kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Jika kamu menggosok terlalu kuat, maka pergesekan antar kulit tersebut dapat menimbulkan kerutan.
 

source: http://weheartit.com/entry/267492071/search?context_type=search&context_user=analauralt8&page=9&query=eyes


Jika kamu menggunakan eye makeup remover atau face oil (olive oil, coconot oil, dll.), aplikasikan pada bagian mata lalu birkan selama beberapa menit, kemudian usapkan menggunakan kapas secara perlahan. Selain itu, menggunakan air hangat juga sangat disarankan untuk menghapus mascara.
 


 


Take The Day Off™ Makeup Remover For Lids, Lashes & Lips
L'Oreal Eye Makeup Remover

baca juga

2. Pastikan untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Proses sekresi sebum di sekitar area mata cenderung rendah sehingga kulit mudah kering. Jika kondisi kulit yang kering ini terus berlanjut, maka dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya kerutan. Bisa dibilang, kulit di area mata ini membutuhkan kelembapan lebih dibandingkan kulit di area lain.
 

source: http://weheartit.com/entry/267506373/search?context_type=search&context_user=simplycolors&query=eyes


Pastikan untuk selalu menggunakan moisturizer atau eye cream agar kelembapan kulit di area mata tetap terjaga.
 


Kiehl's Midnight Recovery Eye
Estee Lauder Revitalizing Supreme Global Anti-Aging Eye Balm

baca juga

3. Hindari Blue Light

Di berbagai penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa cahaya yang dipancarkan smartphone atau laptop dapat mempercepat penuaan kulit. Tidak hanya itu, blue light dari perangkat elektronik juga dapat mengganggu kualitas tidur. Jadi, biasakan diri untuk tidak menggunakan gadget setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur. Penting untuk menyadari bahwa blue light perlu untuk dihindari. Menggunakan kacamata penanggkal blue light juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu tindakan preventif.
 

source: http://weheartit.com/entry/267505372/search?context_type=search&context_user=maistrenkoyaroslava&query=glasses


Kerutan di sekitar area mata dapat memengaruhi penampilanmu secara keseluruhan. Dengan selalu menjaga 3 poin penting di atas, maka penuaan dini pada kulit dapat kita cegah. Yuk, mulai perhatikan kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu, Beautynesian!