Gunakan Primer Berwarna Hijau
 

source: http://www.boots.com/en/NYX-Professional-Makeup-Studio-Perfect-Primer-Green_1770485/


Bagi kamu pemilik wajah berjerawat kamu harus mengetahui basic makeup untuk tipe kulit berjerawat. Start it with green primer. Warna hijau dapat menetralisir dan menyamarkan warna merah akibat jerawat dan bekas jerawat. Karena itu, lebih baik kamu memulai ritual makeup-mu dengan memulaskan primer berwarna hijau. Pilih juga primer hijau yang mengandung oil control sehingga dapat menekan minyak berlebih. This is the beginning for your flawless look.
 


Gunakan Concealer dan Color Corrector
 

source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-3557022/Heidi-Hamoud-shows-cover-acne-using-foundation-green-concealer.html


Jika kamu menginginkan jerawatmu tertutup dengan sempurna, satu warna concealer saja tidak cukup. Sebaiknya, kamu selalu siap sedia 2 jenis concealer, yaitu color corrector berwarna hijau dan concealer yang memiliki warna satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu. Color corrector berwarna hijau ini bisa kamu gunakan untuk menutupi warna kemerahan dari jerawat dan bekasnya dengan sempurna, dan setelah itu bisa kamu lapisi dengan concealer yang satu lagi. Oh iya kamu juga bisa menggunakan concealer yang dua tingkat lebih terang untuk menutupi dark circle di sekitar mata. 
 


Selalu Menggunakan Oil-Free Foundation
 

source: http://makeupandbeauty.com/five-ways-of-applying-liquid-foundation/


Biasanya, kulit berjerawat timbul akibat jenis kulit yang berminyak. Karena itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan foundation yang tidak memiliki kandungan minyak atau oil-free. Bahkan, akan lebih baik lagi jika kamu dapat menemukan foundation dengan formula oil control yang baik. Oh iya karena kulit berminyak cenderung lebih terlihat mengkilap, maka foundation dengan matte finish akan sangat cocok untuk wajah berminyak dan berjerawatmu. 
 


Pilih Bedak Tabur dibandingkan Bedak Padat
 

source: http://www.xovain.com/makeup/best-multitasking-makeup-brush


Setelah menggunakan oil-free foundation, sekarang saatnya kamu untuk menge-set makeupmu dengan loose powder. Bedak tabur ini akan lebih cocok untuk kulit berjerawat karena teksturnya yang lebih ringan dibandingkan bedak padat dan tidak akan menyumbat pori-pori, which won't cause more breakout. Bedak padat juga cenderung lebih mudah cakey dan crack ketika digunakan. So, loose powder is way better than pressed powder. 
 


Selalu Gunakan Beauty Blender dibandingan Kuas
 

source: http://www.wiseshe.com/2015/12/worst-beauty-blender-mistakes-to-avoid.html


Daripada menggunakan makeup brush, sebaiknya kamu menggunakan beauty blender atau spons sebagai aplikator makeupmu. Kenapa beauty blender lebih disarankan untuk kulit berjerawat? Beauty blender lebih baik dalam menutup bekas jerawat karena kita akan lebih menggunakan pressure ketika menggunakannya. Kamu bisa menggunakan concealer, foundation, dan bedak dengan beauty blender atau spons agar makeupmu bisa lebih menutup dan tahan lama.