1. Periksa Fasilitas Kamar

Setelah Minasan menghabiskan waktu sepanjang hari di luar ruangan, saatnya Minasan beristirahat. Saat pertama kali tiba di kamar hotel, lebih baik kamu segera memeriksa fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh hotel apakah sudah sesuai dengan yang telah diinformasikan.
source: http://therollerpackers.blogspot.com/2013/08/jalan-jalan-di-tokyo.html
Pertama-tama, Minasan wajib untuk memeriksa kondisi kamar mandi yang ada di dalam kamar tersebut. Apakah keran air berjalan lancar, saluran pembuangan tidak ada yang tersumbat, dan lain-lain.
source: http://hotels.online.com.sg/singapore_hotels/Village_Hotel_Changi/images.asp
Selain itu pastikan juga remote TV maupun AC berjalan dengan semestinya. Kemudian, Minasan juga wajib memeriksa apakah AC, TV atau fasilitas lain berfungsi dengan benar. Jika ada yang tidak sesuai dengan informasi yang diberikan atau fasilitas yang ditawarkan, Minasan bisa segera melapor pada pihak hotel untuk mendapatkan kamar sesuai yang dijanjikan.
source: http://www.ticktab.com/hotels/asia/indonesia/bali/cipaganti-legian-hotel

2. Segera Kabari Keluarga Tentang Hotel Tempat Kamu Menginap

Setelah semua fasilitas yang disediakan sudah berjalan dengan benar, maka saatnya Minasan untuk memberi kabar pada keluarga atau orang terdekat. Hal ini berguna untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu dengan Minasan atau hotel tempat Minasan menginap.
source: https://kapitanmadina.wordpress.com/2011/07/17/menyetir-kendaraan-sambil-bertelepon-ria-bakal-dipenjara/

3. Segera Kunci Kamar dan Letakkan di Tempat yang Tepat

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pengunjung hotel adalah lupa mengunci kamar. Ingat! Lebih baik Minasan segera mengunci kamar saat sudah ada di dalam kamar. Minasan tidak ingin kan jika tiba-tiba barang yang kita punya raib. Dan jangan lupa juga untuk menyimpan kunci kamar di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau. Semakin mudah dijangkau, mobilisasi kamu pun semakin cepat, kan?
source: http://defuture41.blogspot.com/2014/01/hotel-bintang-lima.html

4. Bersihkan Gagang Pintu, Remote TV dan AC

Beberapa bagian dalam kamar yang jarang diperhatikan oleh cleaning service hotel adalah barang-barang kecil seperti remote TV dan AC, gagang pintu, serta telepon. Jika Minasan malas membersihkan sendiri, Minasan bisa meminta bantuan petugas kebersihan hotel untuk membersihkannya. Dan jika perlu, semprotkan cairan pembersih bakteri di beberapa barang yang sekiranya akan kamu pakai.
source: http://techno.okezone.com/read/2012/07/25/91/668351/waduh-hacker-jebol-jutaan-kunci-kamar-hotel

5. Isi Ulang Baterai Ponsel dan Kamera yang Kamu Bawa

Salah satu hal yang paling penting saat bepergian adalah mengabadikan peristiwa-peristiwa yang terjadi dan pemandangan yang indah. Namun, semua hal tersebut tidak akan terjadi jika kamera atau ponsel milikmu habis baterainya. Isi ulang baterai ponsel dan kameramu selagi kamu berada di hotel. Dan jika perlu, isi ulang juga power bank yang kamu miliki.
source: http://komputerkuno.blogspot.com/2014/11/tips-trik-dan-cara-mudah-mempercepat.html