Beautynesian, apakah kamu tipe orang yang tidak begitu peduli dengan suhu air ketika keramas? Kalau begitu mulai hari ini kamu harus merubah kebiasaanmu dan memberikan perhatian lebih pada ritual perawatan rambutmu ini. Mungkin pemilihan suhu air untuk keramas terdengar sangat sepele dan tidak penting, tapi tahukan kamu kalau suhu air ketika keramas ini sangat mempengaruhi kesehatan rambut? Nah pada artikel ini Beautynesia akan memaparkan tentang pentingnya suhu air bagi kesehatan rambutmu.
 

source: http://www.localbusiness.sg/how-to-wash-your-hair-the-right-way/


 

Keramas dengan Air Dingin


Selain terasa menyegarkan, ternyata keramas dengan air dingin sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepalamu lho. Penggunaan air dingin ketika keramas dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga nutrisi rambut yang dibawa oleh darah dapat terhantarkan dengan baik. Jika nutrisi rambut telah tercukupi, maka  rambut dapat menjadi lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Selain itu, suhu dingin dari air juga akan menjaga folikel rambut dan kutikula tetap tertutup sehingga kotoran yang menempel tidak menyumbat pori-pori kepala dan dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, keramas menggunakan air dingin juga cenderung lebih bersih, karena minyak yang menempel pada rambut dan kulit kepala dapat dibersihkan secara maksimal sehingga tidak akan ketombe yang muncul akibat minyak yang menumpuk. Dan yang terpenting, keramas dengan air dingin dapat mencegah rambut rontok atau patah karena tidak akan membuat rambut menjadi rapuh.


 

source: http://www.newhealthadvisor.com/How-Often-Should-You-Wash-Your-Hair.html


 

baca juga

Keramas dengan Air Panas


Udara yang dingin seringkali membuat kita malas untuk keramas dengan air dingin karena takut terkena flu. Air hangat kemudian jadi pilihan paling baik untuk keramas di cuaca dingin. Tapi tahukah kamu kalau air hangat ini dapat merusak rambut? Suhu yang tinggi pada air panas bisa membuat rambut menjadi rapuh sehingga bisa membuat rambut lebih mudah rontok. Selain itu, air panas juga bisa menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuatnya kering. Rambut yang kering ini pastinya akan membuat rambutmu terlihat tidak sehat dan berantakan.

Nah Beautynesian, sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari air dingin dan hangat bagi kesehatan rambut? Apa kamu masih mau sering-sering keramas dengan air hangat? Eits, tapi bukan berarti kamu benar-benar dilarang untuk keramas dengan air hangat ya. Tapi, lebih baik kamu jangan terlalu sering menggunakan air hangat untuk mencuci rambut dan kepala mengingat dampak buruk yang dibawanya.