1. Perasan Jeruk Lemon
 

source: http://www.livescience.com/54282-lemon-nutrition.html


Mungkin kamu sudah bosan melihat lemon selalu masuk ke dalam rekomendasi bahan alami untuk mencerahkan kulit. But we cannot do anything about this. Lemon memang termasuk ke dalam natural bleaching agent terbaik yang mampu mencerahkan tone kulit secara maksimal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. 

Kamu bisa mengaplikasikan perasan jeruk lemon untuk memutihkan bokongmu dengan cara merendam kapas ke dalam lemon juice dan gosokkan secara lembut pada area bokong yang gelap. Atau, kamu juga bisa langsung menggosokkan jeruk lemon yang telah dipotong pada bokongmu selama 2-3 menit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10-15 menit hingga airnya mengering. Bilas menggunakan air hangat dan jangan lupa untuk mengoleskan moisturizer atau olive oil setelahnya. Cara ini akan sangat efektif jika dilakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.
 


2. Kunyit
 

source: https://flipboard.com/topic/turmeric


Selain untuk memutihkan gigi, kandungan natural bleaching dan antioksidan yang tinggi pada kunyit ternyata sangat ampuh untuk mencerahkan area bokong yang gelap lho. Kamu bisa memaksimalkan daya kerja kunyit dengan menambahkan bubuk kayu cendana dan madu pada ramuannya.  

Cara membuat:

  • Campurkan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm bubuk kayu cendana, dan 1 sdm madu di dalam mangkuk kecil.
  • Aduk rata campuran tersebut hingga teksturnya menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada kulit bokong yang hitam dan diamkan selama 15-30 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat dan oleskan moisturizer pada area bokong.
  • Penggunaan yang rutin setiap hari bisa menunjukkan hasil yang drastis hanya dengan hitungan hari.


3. Cocoa Butter
 

source: https://goldmountainbeauty.com/blogs/news/cocoa-butter-benefits-skin-hair


Butter yang berasal dari biji cokelat ini ternyata sangat baik untuk mencarahkan kulit lho. Kandungan antioksidan yang tinggi pada cocoa butter ini dapat melindungi kulit dari zat radikal bebas, racun, dan debu kotoran yang merupakan penyebab utama kerusakan sel kulit dan membuat kulit bokong menjadi gelap. 

Cara menggunakannya, kamu cukup memijat-mijat bokongmu dengan cocoa butter sebelum mandi dan diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan jangan lupa aplikasikan moisturizer.
 


4. Oatmeal, Yogurt dan Lemon
 

source: http://www.bhtips.com/2012/12/7-best-natural-home-remedies-and-tips.html

Sel kulit mati yang menumpuk pada bokong bisa menjadi salah satu penyebab utama bokong hitam. Karena itu, mengeksfoliasi kulit bokong seminggu sekali sangat penting untuk menjaganya agar tetap bersih dan membuatnya lebih cerah. Kamu bisa menggunakan kombinasi ketiga bahan ampuh ini yang memang sudah dikenal dengan kemampuannya mencerahkan kulit. 

Cara membuatnya:

  • Masukkan 1 sdm oatmeal, 1 sdm yogurt, dan 1 sdt air perasan jeruk lemon ke dalam mangkuk kecil.
  • Campurkan dan aduk hingga merata sampai campurannya bertekstur seperti pasta.
  • Pijat-pijatkan campuran tersebut pada area bokong yang gelap selama 2-3 menit dan diamkan selama 15-30 menit. 
  • Jika campuran pasta telah mengering, bilas menggunakan air hangat. 
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dan lihat perubahan optimal hanya dalam satu bulan.