Keramas Setiap Hari


 

source: http://www.thegloss.com/beauty/does-washing-your-hair-often-make-it-greasy-myth/


Keramas setiap hari memang bisa memberikan kesegaran dan membuat rambut bebas lepek. Tapi apakah itu benar? Sebuah penelitian menemukan fakta mengejutkan bahwa justru dengan sering keramas bisa membuat rambut semakin lepek. Ritual keramas setiap hari dapat mengikis minyak pada kulit kepala sehingga memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum. That's why rambutmu bisa lebih mudah lepek karena produksi minyak yang tak terkontrol. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi inilah penyebab dari rambut lepekmu selama ini yang membuatmu lebih rajin keramas tiap hari. Bukannya membuat rambut lebih bersih dan bebas dari minyak, tapi justru memicu lebih banyak minyak. Isn't it ironic?
 

Penggunaan Alat Hairstyling yang Terlalu Sering


 

source: http://magnavuonline.com/hair-styling-hold-style-set-appearing-naturally/


Well, kamu pasti sudah tahu kan kalau terlalu sering mencatok atau mengeriting rambut bisa merusak keadaan alami dan kesehatan rambut? Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat rapuh dan rentan terhadap panas. Karena itu, paparan panas pada rambut yang terlalu sering tentu saja bisa merusaknya dalam sekejap,

Penggunaan panas yang berlebihan dapat merenggut kilau asli rambut dan membuatnya kering. Sehingga, rambutmu akan terlihat kusam, rapuh, dan mudah rontok. Tapi ini bukan berarti kamu tidak boleh men-styling rambutmu sama sekali ya. Kamu boleh sesekali memberikan sentuhan gaya pada rambutmu menggunakan panas, tapi jangan terlalu sering ya. Jangan lupa juga untuk menggunakan heat protectant sebelum styling.
 

Menyisirnya Ketika Masih Basah


 

source: http://www.livestrong.com/article/177148-how-to-properly-comb-wet-hair/

Tahukah kamu? Rambut yang masih dalam kondisi basah itu dua kali lebih rentan untuk patah dan rontok lho jika dibandingkan dengan rambut kering. Jadi, menyisir rambut ketika masih basah itu bukanlah hal yang bijak, Beautynesian. Bayangkan saja ketika sedang dalam kondisi rapuh, kamu justru menarik rambutmu, bahkan tidak jarang menariknya dengan paksa hanya karena kusut. Untuk menghindari rambut yang kusut setelah keramas, sebaiknya kamu menyisirnya terlebih dahulu sebelum keramas dan menggunakan sisir yang renggang atau wide-toothed comb ketika menggunakan conditioner.
 

Salah Memilih Produk Rambut


 

source: https://www.bustle.com/articles/158244-bad-hair-day-9-fixes-for-any-hair-problem

Hanya karena satu produk perawatan rambut cocok dengan teman atau keluargamu, bukan berarti produknya juga cocok untukmu. Kamu perlu mencari produk yang tepat untuk jenis rambut dan kulit kepalamu so the disaster won't happen. Coba hindari produk yang mengandung sulfate, salah satu cleaning agent, karena dapat mengancam kesehatan rambut. Penggunaan produk yang sama terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan rambutmu lho karena bisa meninggalkan residu pada rambutmu. Coba untuk mengganti produk perawatan rambut tiap empat bulan sekali. 
 

Terlalu Banyak Menggunakan Jenis Produk Rambut


 

source: http://contentinjection.com/best-hair-care-products/


Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk penggunaan produk rambut yang terlalu banyak. All shampoo, conditioner, hair mask, hairspray, hair serum, hair oil are just too much. Coba pilih produk esensial yang penting untuk digunakan sebagai perawatan rambutmu. Shampoo dan conditioner sudah cukup untuk merawat rambut yang normal. Tapi jika memang rambutmu mengalami kerusakan parah, kamu bisa juga menggunakan hair mask occasionally satu atau dua kali seminggu.   
 

Jarang Memotong Rambut


 

source: https://www.youtube.com/watch?v=Tgmri82o6Ss

We understand if you want a longer hair, but you still have to have it cut regularly. Esensi memotong rambut bukan hanya semata-mata untuk merubah gaya rambut, tapi haircut juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Ritual memotong rambut bisa mencegah timbulnya rambut bercabang. Memotong rambut juga bisa menghilangkan bagian rambut yang rusak akibat styling dan memberikannya bentuk rambut yang baru. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk rutin memotong rambut setiap 8 hingga 10 minggu untuk mendapatkan rambut sehat dan fresh look. 
 

Terlalu Sering Terpapar Bahan Kimia


 

source: http://hamechiz-download1.blogfa.com/tag/%D8%A7%D8%B7%D9%84%D8%A7%D8%B9%D8%A7%D8%AA


Apakah kamu tipe wanita yang suka bereksperimen dengan warna rambut? Then you should try to stop it. Bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut dan bleaching dapat merusak pigmen asli rambutmu dan menghilangkan nutrisi di dalamnya sehingga rambutmu bisa menjadi lebih kering dan rusak. Karena itu, coba hindari pewarnaan rambut yang terlalu sering dan selalu memberikan perawatan lebih ekstra pada rambut berwarnamu dengan rutin menggunakan hair mask. 

 

Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang


 

source: http://favim.com/image/2736493/


Yap memang ada banyak hairstyle lucu yang menggoda untuk dicoba. Tapi tahukah kamu kalau terlalu sering mendandani rambut dengan ikatan yang terlalu kencang dapat membuat rambut semakin rapuh? Let's say, model kepang yang super cute ternyata bisa menarik rambutmu dengan sangat keras sehingga menyebabkan rambut bercabang, rapuh, dan kerusakan pada akar rambut. Sementara itu, pony tail atau kuncir kuda bisa menyebabkan rambut patah. So ladies, please let your hair breathe.