Sport Bra

Sport bra bukan aksesoris atau fashion semata, sport bra mempunyai peran penting untuk menjaga & menopang payudara kamu saat melakukan aktivitas fisik. Ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, payudara bergoncang secara vertikal, horizontal atau memutar sehingga sport bra wajib digunakan.

Sport bra adalah jenis bra yang dapat menopang payudara dari guncangan saat berolahraga. Bra jenis ini membuat wanita lebih bebas bergerak, mudah menyerap keringat, tali pada pundak lebih lebar daripada bra biasa sehingga dapat menahan guncangan, dilengkapi dengan cup bra yang bisa di copot. 

source: http://www.sugarrays.co.uk/shop/bella-canvas-nylon-spandex-sport-bra.html

Sport Bra Mencegah Kerusakan Ligamen

Payudara tersusun dari lemak, jaringan ikat & ligamne. Ligamen bertugas menempelkan kelenjar susu pada kulit & memberi bentuk pada payudara. Payudara yang melorot/kendur disebabkan oleh ligamen yang kehilangan elastisitasnya, biasanya payudara melorot karena faktor usia & rusak karena aktifitas fisik yang berlebihan.

Menggunakan sport bra akan menopang payudara pada posisi yang benar & mengurangi guncangan yang terjadi saat ber-olahraga. Pada dasarnya sport bra menggunakan bahan yang lebih elastis & lebih kuat daya cengkramnya, biasanya tali pundak pada sport bra lebih besar daripada bra biasanya sehingga lebih kuat dalam menahan payudara, menahan guncangan payudara & membuat payudara tetap pada posisinnya. 

source: https://www.aliexpress.com/store/product/2015-Medium-Impact-Training-Bra-For-Women-Yellow-Contrast-Grey-Cut-Out-Back-Shock-absorbing-Breathable/1311006_32471439833.html
baca juga

Mengurangi Rasa Nyeri Pada Payudara

Payudara wanita adalah bagian yang sangat sensitif, sedikit guncangan yang tiba-tiba menimbulkan rasa nyeri pada area sekitar payudara. Baik payudara besar atau yang kecil, bila mengalami guncangan yang terus-menerus tentunya akan mengalami kerusakan jaringan sehingga membuat payudara berubah bentuk & kendur. 

Sport bra yang pas pada tubuh akan membatasi pergerakan payudara, sehingga payudara tidak bergoncang secara ekstrim. Pilihlah ukuran sport bra yang tidak kebesaran/longgar & menutupi seluruh bagian payudara bila kamu melakukan jenis olahraga yang aktif.

source: http://www.gettyimages.com/detail/video/woman-doing-muay-thai-kickboxing-training-at-the-stock-video-footage/461320461

Mengurangi Gesekan Pada Puting

Menggunakan bra biasa saat lari misalnya, akan membuat payudara berguncang & membuat puting payudara bergesekan dengan bra. Bra biasa tidak akan menyerap keringat sebaik sport bra sehingga keringat akan menumpuk pada bagian dada dan akan memperburuk kondisi puting saat bergesekan dengan bra. Puting yang lecet akan terasa menyakitkan bila bergesekan lagi dengan bra.

Memakai sport bra akan mengurangi puting bergesekan dengan bra & mengurangi ganguan kulit yang akan timbul diakibatkan oleh kondisi payudara yang lembab selama melakukan olahraga.
source: https://www.pinterest.com/explore/difficult-yoga-poses/
baca juga

Lebih Bebas Bergerak

Wanita yang memiliki ukuran payudara besar biasanya tidak nyaman dalam melakukan gerakan tertentu karena tidak nyaman dengan payudaranya. Tersedia banyak jenis bra saat ini sehingga wanita dengan ukuran payudara besar juga bisa mengenakan sport bra yang pas dengan kebutuhan mereka.

Memilih sport bra yang tepat:
  • Ukuran cup A-B, biasanya menggunakan compression sport bra. Biasanya juga dilengkapi bantalan untuk memberikan bentuk payudara yang lebih alami. 
  • Ukuran Cup C, biasanya menggunakan encapsulation sport bra. Sport bra jenis ini memiliki jahitan di area dada untuk memberikan penyekat pada masing-masing buah dada agar tetap berada di tempat saat bergerak.
  • Ukuran Cup D ( dana lebih besar lagi), biasanya menggunakan gabungan dari compression & encapsulated bra. Sport bra jenis ini juga memiliki lekukan pada bagian dada untuk memberikan ruang pada payudara yang besar.
source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/7d/03/c5/7d03c5ccbf9450982833b19a1d2baf9a.jpg