Pukul 07:00 > Sarapan Pagi

Setiap orang tentunya mempunyai jadwal kegiatan yang berbeda-beda. Beberapa orang memulai aktivitas harian dari jam 8, atau mungkin jauh lebih pagi dari itu. Jam berapa pun kamu memulai kegitan harian, usahakan untuk tidak makan sarapan terlalu pagi. Penting untuk memberikan jeda waktu setelah bangun tidur menuju waktu sarapan. Mulailah dengan meminum air putih terlebih dahulu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat kita tidur. Waktu terbaik sarapan dilakukan dalam kurun waktu 1 jam setelah bangun tidur.

source: http://weheartit.com/entry/266277870/search?context_type=search&context_user=sapphirely&page=7&query=breakfast

Begitu juga sebaliknya, sarapan terlalu siang juga tidak dianjurkan. Jika waktu sarapan bergeser terlalu jauh, mungkin orang akan cenderung menggabungkannya dengan makan siang. Breakfast & lunch, brunch!

Terlalu sering melakukan brunch tidak dianjurkan karena perut kosong yang dibiarkan terlalu lama dapat membuatmu makan dengan porsi yang lebih banyak. Jadi, pastikan sarapan di waktu yang tepat.

Exercise = 1 Jam

Melakukan exercise dengan durasi yang panjang mungkin bisa membuat program dietmu lebih efektif. Namun melakukan exercise berdurasi panjang setiap harinya mungkin bisa menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Sebaiknya luangkan waktu 1 jam/hari saja untuk memfokuskan diri melakukan olaharaga. Kamu bisa membaginya ke dalam 2 sesi, jadi setiap sesi olahraga kamu lakukan dalam waktu 30 menit.

source: http://weheartit.com/entry/266005955/search?context_type=search&context_user=eloise_dbs&page=5&query=exercise

Pukul 12:00 > Makan Siang

Jam makan yang tidak teratur dapat menimbulkan rasa ingin nyemil yang berkelanjutan di beberapa waktu. Waktu makan siang yang tidak tentu (terlalu dini atau terlalu siang) dapat membuat tubuh susah untuk mengkalkulasikan waktu yang pas untuk makan malam. Jadi sebaiknya biasakan untuk makan pagi, siang, dan malam tepat waktu.

source: http://weheartit.com/entry/265734745/search?context_type=search&context_user=Mclaren67&page=6&query=lunch

Membuat menu makan siang sendiri tentunya lebih menyehatkan dan juga lebih efektif untu program diet, karena kita bisa lebih mengontrol asupan yang dikonsumsi. Usahakan juga untuk makan secukupnya, jangan sampai terlalu kenyang. 

Kamu bisa mencoba mempraktekan cara makan hara hachi bun me  (腹八分目)dari Jepang, yang memiliki arti makan hingga sampai 80% kenyang. Mungkin pada awalnya ktia masih susah merasakan bagaimana rasanya kenyang 80%. Dalam kondisi ini biasanya kita masih bisa makan sedikit lagi, namun tidak diisi pun tidak apa-apa. Inilah saatnya untuk berhenti makan dan menunggu hingga sinyal kenyang benar-benar sudah sampai ke otak.

Pukul 15:00 > Snack Time!

Di waktu ini biasanya perut mulai terasa lapar, padahal jarak ke waktu makan malam masih cukup lama. Perut lapar dapat mengganggu konsentrasi kerja, jadi sebaiknya jangan biarkan perut kosong. Kamu bisa memilih camilan sehat seperti protein bar, atau meminum secangkir kopi untuk mengembalikan semangat kerja. Poin penting yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak makan. Kamu hanya perlu mengisi perut, bukan untuk membuatnya penuh.
 

source: http://weheartit.com/entry/78096963/search?context_type=search&context_user=angeli0_0&page=3&query=snack+time

Pukul 18:00 > Makan Malam

Kapan waktu makan malam yang tepat juga menjadi salah satu hal yang harus diperhitungkan. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur tidak disarankan karena perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Ketika tubuh sedang beristirahat, proses pencernaan tidak dapat berjalan dengan efektif. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.

source: http://weheartit.com/entry/265727226/search?context_type=search&context_user=Argerona&page=8&query=dinner

Makan malam sebaiknya dilakukan sebelum pukul 19:00, dan waktu terbaik untuk makan malam adalah pukul 18:00. Dengan begitu perut akan memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum waktu tidur.

Pukul 22:00 > Waktunya Tidur

Karena besok libur, tidak perlu bangun pagi! Waktu tidur saat liburan menjadi lebih panjang daripada hari biasa. Jam tidur yang tidak teratur seperti ini dapat menyebabkan munculnya rasa lapar tengah malam sehingga membuatmu ingin memakan sesuatu. Oleh karena itu, sebaiknya usahakan untuk memiliki jam tidur yang teratur setiap harinya dengan waktu yang ideal yaitu sekitar 6-7 jam.

source: http://weheartit.com/entry/266286826/search?context_type=search&context_user=mmiltsu&page=7&query=sleep

Mungkin pada awalnya menghitung waktu tidur terasa sedikit merepotkan, karena kita harus menentukan jam berapa harus bangun kemudian menghitung jam berapa seharusnya kita tidur. Tapi jika kamu mulai membiasakan diri mulai sekarang, tubuh akan mulai terbiasa dengan ritme harian yang kamu jadwalkan.