(1) Kopi Dapat Meningkatkan Pembakaran Lemak di Tubuh

Kandungan kafein di dalam kopi sangat efektif untuk merangsang lipase, yaitu enzim yang membantu memecah lemak selama proses pencernaan. Lipase perlu mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol agar lemak di dalam tubuh dapat terbakar. Pembakaran lemak dalam tubuh biasanya membutuhkan waktu kira-kira 20 menit. Hal ini dikarenakan lemak yang akan dibakar harus dipecah terlebih dahulu. 

source: https://unsplash.com

Selain kafein, kopi juga mengandung sejumlah asam klorogenat (chlorogenic acid) yang juga dapat membantu menstimulasi tubuh untuk membakar lemak. Kombinasi kafein dan asam klorogenat ini merupakan alasan utama mengapa kopi bisa sangat efektif untuk program diet. 
 

(2) Kafein Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, maka semakin tinggi juga kemungkinan kita untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Kafein dipercaya mampu melancarkan peredaran darah yang kemudian berdampak positif terhadap kinerja metabolisme tubuh. Sebuah studi membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3-11%.

(3) Kafein Memiliki Sifat Diuretik

Kafein juga dikenal memiliki sifat diuretik (meningkatnya laju pembentukan urin) yang dapat mencegah terjadinya edema karena membantu mengeluarkan kelebihan cairan serta produk buangan lainnya dari dalam tubuh. Edema memiliki efek negatif bagi program diet yang sedang kamu jalani karena dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Kopi Seperti Apa yang Sebaiknya Diminum?

Asam klorogenat merupakan kandungan penting yang dapat membuat dietmu menjadi lebih efektif. Senyawa ini sangat rentan terhadap panas, sehingga biji kopi yang telah melewati light roast dinilai mengandung lebih banyak asam klorogenat daripada dark roast. Selain itu, kopi instan memiliki kandungan kafein dan asam klorogenat yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi tubruk (drip coffee). Jadi, jika kamu menginginkan manfaat diet yang maksimal dari kopi, pilihlah drip coffee. 

source: https://unsplash.com

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menambahkan gula pada kopi. Dengan adanya tambahan gula berarti kamu menambahkan kalori pada minumanmu. Meminum black coffee tanpa gula sesendok pun tentu lebih disarankan karena zero-calorie, daripada kopi dengan tambahan krimer dan gula.

Waktu Terbaik Minum Kopi

Meskipun kopi dapat membantu membakar lemak, bukan berarti kamu hanya minum kopi tanpa melakukan hal apapun. Coffee diet akan lebih efektif jika dibarengi dengan exercise rutin. Waktu terbaik meminum kopi untuk dapatkan manfaat pembakaran lemak yang lebih efektif adalah 20-30 menit sebelum melakukan exercise. Tidak perlu terlalu banyak, 1 cangkir kopi sebelum latihan sudah cukup.

source: http://weheartit.com/entry/222831325/search?context_type=search&context_user=Annie_Pineda1D&page=2&query=coffee+exercise

Aktivitas minum kopi juga bisa kamu lakukan setelah selesai makan. Meminum kopi setelah makan dapat memberikan perasaan kenyang, sehingga menghindarkan diri dari makan berlebih. Secangkir kopi mungkin bisa menjadi pengganti yang tepat untuk makanan penutup yang biasanya banyak mengandung gula.

A coffee a day, keeps the fat away.