source: https://id.pinterest.com/pin/516928863464202243/


 

1. Makeup Remover / Cleanser

 

source: https://www.reference.com/beauty-fashion/qualities-makeup-remover-e04510006ff2fd4c


The first and foremost, always clean your makeup first! Membersihkan makeup sangat penting untuk kesehatan kulitmu dan mencegah permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, dan pori-pori yang besar. Bahkan, makeup yang menempel lama di wajah juga bisa mempercepat tanda penuaan lho seperti kerutan dan flek hitam. So, membersihan makeup dan wajah menjadi langkah pertama dan terpenting pada malam hari.

 

<baca juga>


2. Exfoliator
 

source: http://makeupandbeauty.com/7-exfoliation-mistakes-you-should-avoid/


Membersihkan sel-sel kulit mati memang sangat penting untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga wajah bisa terbebas dari jerawat dan pori-pori besar. Lakukan perawatan ini paling tidak 2 kali dalam seminggu untuk memberikan deep cleansing pada kulitmu. Kulit yang terbebas dari kulit mati ini tentunya bisa menyerap serum dan produk night care lainnya dengan lebih baik. 

 


3. Toner
 

source: http://vineverareviews.com/vine-vera-blog/benefits-of-using-a-skin-toner/


Setelah membersihkan kulit wajahmu secara maksimal, sekarang saatnya untuk merawatnya! Awali perawatan kulitmu dengan menggunakan toner. Penggunaan toner yang rutin setiap malam ini akan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulitmu seperti menyeimbangkan kadar pH, melembapkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta membersihkan permukaan kulit. Dengan menggunakan toner setelah membersihkan wajah juga dapat memberikan kesegaran dan rasa nyaman pada kulit. 
 

<baca juga>


4. Serum
 

source: http://www.divasworld.org/night-time-skin-care-routine/


The basic rule of skin care that you should know is to apply skincare from the lightest to thickest formula. Jadi, selalu gunakan skincare dengan formula yang lebih ringan (cair) hingga yang memiliki tekstur paling kental dan padat agar. Karena skincare dengan formula yang ringan dan cair memang dirancang khusus agar bisa terserap lebih cepat ke dalam kulit sehingga dapat cepat kering. 

Untuk itu, kamu harus mengaplikasikan serum wajahmu setelah menggunakan toner karena jika kamu menggunakan krim terlebih dahulu, maka tekstur krim yang berat akan mem-block pori-pori sehingga serum tidak dapat meresap sempurna. 
 


5. Eye Cream
 

source: http://masetv.com/3-tips-for-using-eye-creams/


Kini saatnya kamu beralih ke produk skincare dengan tekstur lebih berat. Kamu bisa menggunakan eye cream atau krim mata terlebih dahulu pada area kantung mata sebelum menggunakan krim malam kamu. Hal ini dilakukan agar krim mata dapat bekerja secara maksimal karena tidak tertutup oleh krim malam. Perawatan mata ini sangat baik untuk menghilangkan lingkaran hitam dan meremajakan mata yang lelah. 
 


6. Moisturizer
 

source: http://alwaysupstairs.co.za/6-winter-skin-care-tips/


Kalau kamu pemilik tipe kulit kering, maka sangat dianjurkan bagi kamu untuk menggunakan moisturizer sebelum krim malam. Moisturizer ini bisa menghidrasi kulitmu dan memberikan kelembapan maksimal pada malam hari. Tidak hanya itu, moisturizer juga bisa membuat kulitmu terasa lebih firm dan kenyal karena telah terhidrasi dengan optimal.
 


7. Night Cream
 

source: http://www.bestbeauty-tips.com/2012/07/07/why-use-a-night-cream/


Last but not least, kamu bisa menggunakan night cream atau krim malam untuk menutup rangkaian perawatan malam kamu. Perawatan night cream ini sangat penting untuk kamu karena bisa memberikan perawatan yang optimal untuk wajahmu dengan formulanya yang lebih thick dan bekerja lebih maksimal.