Komedo pada kulit kita dapat disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh seperti pubertas, produk kecantikan seperti kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak tepat, tipe kulit yang memang berminyak atau produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah, bakteri, dan sel kulit mati.

Komedo ada yang terbuka dan tertutup. Tipe komedo terbuka atau blackhead dicirikan dengan warnanya yang hitam dan muncul pada pori-pori yang membesar akibat gumpalan minyak. Warna hitam pada jenis komedo terbuka disebabkan adanya proses oksidasi pada sebum (minyak alami pada kulit) dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori yang terbuka sehingga menjadikannya berwarna hitam. Tipe komedo ini paling mudah terlihat dikulit kita karena warnanya yang hitam. Sedangkan tipe komedo tertutup atau whitehead dicirikan dengan warna komedo yang cenderung putih dan muncul dibawah  permukaan kulit karena adanya gumpalan minyak yang tersumbat oleh kotoran atau lemak. Warna putih pada komedo tertutup ini dikarenakan tidak terjadinya proses oksidasi karena tertutup lapisan kulit ari sehingga tidak terpapar udara.

Ada banyak cara mengatasi komedo kita salah satunya dengan menggunakan scrub alami untuk wajah. Meskipun scrub alami bisa berguna untuk membersihkan dan menutrisi kulit akan tetapi penggunaan secara berlebihan justru dapat memperparah kondisi komedo. Agar perawatan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan scrub alami menjadi efektif sebaiknya gunakan scrub tidak lebih dari 2-3 kali dalam seminggu. Nah, setelah mengetahui secara singkat penyebab dan tipe komedo kita, selanjutnya ayo simak scrub alami yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo kita berikut ini.

1. Scrub Alami dari Gula

Penggunaan madu pada scrub gula ini selain berfungsi untuk melekatkan juga sebagai antibakteri dan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit sehingga membuat kulit sehat dan lembut. Cara menjadikan gula sebagai scrub sangat sederhana, cukup dengan mencampur gula dan madu kemudian oleskan secara merata pada wajah kemudian pijat dengan lembut selanjutnya diamkan 10 menit dan bersihkan dengan kain basah, lalu bilas wajah untuk membersihkan sisa scrub yang masih menempel. Perawatan ini sebaiknya dilakukan 1 kali seminggu.

source: http://www.blisstree.com/2014/02/25/food/hidden-sugar-in-food/
baca juga

2. Scrub Alami dari Oatmeal

Oatmeal yang digunakan sebagai scrub dapat mengelupas sel kulit mati dan mengurangi noda pada wajah. Cara membuatnya dengan melarutkan sesendok oatmeal dengan air kemudian gunakan untuk dioleskan merata ke wajah lalu gosok dengan gerak memutar sambil di pijat ringan selama 5 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat atau bisa juga dengan membuat scrub oatmeal dengan cara mencampur oatmeal, madu, dan tomat setelah itu aplikasikan ke seluruh bagian wajah lalu diamkan 20 menit untuk selanjutnya bilas hingga bersih.

3. Scrub Alami dari Beras

Selain untuk dikonsumsi beras juga dapat digunakan sebagai scrub untuk membersihkan sel kulit mati. Beras yang digunakan untuk scrub harus direndam terlebih dulu selama semalam atau setidaknya kurang lebih 5 jam kemudian haluskan hingga menjadi adonan kental, selanjutnya gunakan untuk mengelupas kulit mati dengan dioleskan merata ke seluruh wajah sambil mengosoknya secara perlahan lalu bilas hingga bersih.

 

source: https://authoritynutrition.com/foods/rice
baca juga

4. Scrub Alami dari Bawang putih, Lemon, & Kulit Jeruk

Campuran dari tiga bahan yaitu bawang putih, lemon, dan kulit jeruk selain bisa digunakan untuk membersihkan kulit wajah juga mengandung antibakteri dan kandungan vitamin pada bahan tersebut dapat menutrisi kulit. Untuk membuat scrub tersebut gunakan 2 siung bawang putih, 3 sendok air perasan lemon, dan setengah bagian kulit jeruk (sebaiknya keringkan terlebih dahulu dibawah sinar matahari kemudian dijadikan bubuk) setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut dengan blender hingga menjadi adonan kental kemudian pergunakan scrub tersebut pada bagian kulit yang terdapat komedo lalu diamkan 10 menit, selanjutnya gosok dan bersihkan dengan air hangat.

5. Scrub Alami dari Teh Hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit kita. Teh hijau yang digunakan sebagai scrub selain dapat membersihkan kulit juga dapat melembutkan kulit wajah kita. Cara membuatnya cukup dengan mencampur teh hijau yang sudah diseduh dengan madu atau gula hingga menjadi adonan kental kemudian gunakan untuk mengosok kulit wajah secara perlahan lalu bilas hingga bersih.

source: http://www.savynaturalista.com/2013/09/04/green-tea-sugar-scrub/