source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/makeup/a32862/cover-acne-scars-with-makeup/

Pastikan Semua Produk Makeup-mu Oil-Free

Kulit berjerawat lebih rentan mengalami masalah dengan produk makeup. Oleh sebab itu, pilih produk makeup yang benar-benar cocok untuk kulitmu. Jangan sampai produk makeup mu justru menjadi pemicu produksi minyak berlebih pada wajah sehingga akan membuat jerawatmu bertambah parah. Yang paling mendasar, pilih produk yang bebas kandungan minyak. Akan lebih baik lagi jika produk yang kamu gunakan dapat mengontrol minyak serta bersifat non-commedogenic.

Gunakan Bedak Tabur

Hindari menggunakan pressed powder maupun bedak two way cake karena kedua macam bedak ini mengandung oil tertentu untuk melembapkan kulit yang akan membuat wajahmu semakin berminyak. Sebaiknya gunakan bedak tabur. Bedak tabur akan menyerap minyak sehingga wajahmu bebas kilap. Jika kamu memerlukan pelembap wajah, pilihlah yang berbahan dasar air dan memang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Gunakan Concealer dengan Warna Dasar Hijau

Ada banyak macam warna concealer yang dapat kamu jadikan sebagai referensi, salah satunya untuk menyamarkan jerawat. Jika kamu berjerawat, hindari concealer yang memiliki unsur cokelat atau kemerahan karena justru akan memperjelas tampilan jerawatmu. Sebaliknya, pilihlah concealer dengan tone hijau. Lalu jika sudah, kamu bisa melapisinya lagi dengan concealer lain yang memiliki warna yang lebih cerah dari kulitmu.

Hindari Memakai Sunscreen dengan SPF Terlalu Tinggi

Semakin tinggi kandungan SPF pada sunscreen-mu maka dapat menyebabkan jerawatmu bertambah parah karena akan membuat kulitmu semakin berminyak. Pakai sunscreen dengan kandungan SPF minimal, dan tentu saja kamu juga harus menjaga wajahmu agar terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung karena hal ini akan memperparah hal tersebut.