Ada yang bilang kalau mengonsumsi vitamin itu bisa dilakukan kapan saja. Namun, ada juga yang bilang kalau mengonsumsi vitamin itu harus pada waktu-waktu tertentu. Lalu, manakah yang benar?

Ternyata, mengonsumsi vitamin itu memang bisa dilakukan kapan saja. Karena vitamin itu bersifat nutrisi, yang mana memberikan manfaat baik untuk tubuh. Namun, jika ada yang mengatakan bahwa ada ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk mengonsumsi vitamin pun juga tidak salah. Karena memang tubuh bekerja secara berbeda dari waktu ke waktu sehingga turut mempengaruhi proses penyerapan vitamin yang dikonsumsi.

Adapaun jenis vitamin yang banyak dikonsumsi oleh perempuan adalah vitamin C, E, dan A. Selain itu mendapatkan tubuh yang fit, banyak perempuan yang mengonsumsi vitamin-vitamin tersebut untuk merawat kulit mereka dari dalam. Lalu, kapan sajakah waktu mengonsumsi vitamin C, E, dan A yang baik?

 

Waktu yang Baik untuk Mengonsumsi Vitamin C


 

source: http://www.dailymail.co.uk/health/article-2546785/Want-avoid-office-cold-DITCH-Vitamin-C-Washing-hands-taking-zinc-better-preventing-infection.html


Vitamin C merupakan zat antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin C adalah sebelum kamu beraktivitas. Selain itu, vitamin C merupakan zat vitamin yang paling mudah larut dalam air atau darah dan waktu kerjanya pun hanya bertahan selama beberapa jam saja di dalam darah. Maka dari itu, untuk konsumsi vitamin C lebih baik dilakukan secara berulang untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Untuk konsumsi vitamin C ini, kamu bisa bagi menjadi dua hingga tiga waktu. Yang pertama, setelah sarapan atau sebelum kamu beraktivitas di luar rumah untuk memberikan efek segar dan semangat pada tubuh kamu. Yang kedua, yaitu ketika siang hari setelah kamu makan siang untuk membantu metabolisme tubuh kamu agar tubuh tetap fit beraktivitas di siang hari. Lalu, jika kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C pada malam hari jika kamu hendak memiliki aktivitas pada malam hari agar tidak mudah lelah. 

Selain untuk kesehatan, konsumsi vitamin C secara teratur juga sangat baik efeknya bagi kulit kamu. Dengan konsumsi secara teratur, vitamin C bisa men-support pembentukan kolagen serta menghilangkan bekas luka pada kulit.

 

<baca juga>

Waktu yang Baik untuk Mengonsumsi Vitamin E


 

source: http://www.livestrong.com/article/408713-side-effects-of-a-vitamin-e-supplement/


Berbeda dengan vitamin C, zat vitamin E mudah larut bersama lemak. Sehingga, waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi vitamin E adalah setelah kamu makan. Dengan mengonsumsi vitamin E setelah makan, maka kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari vitamin E ini untuk tubuh kamu, terutama untuk kulit kamu.

Karena vitamin E paling baik larut bersama lemak, maka kamu bisa mengonsumsi vitamin E bersamaan dengan makanan-makanan yang mengandung lemak seperti mentega, telur, lemak nabati dari sayuran, lemak hewani dari dagung, dan sebagainya.
 

Dosis yang disarankan untuk mengonsumsi vitamin E adalah 15 mg per hari, sedangkan dosis maksimal yang bisa dikonsumsi tubuh adalah 1.000 mg per hari.


 

Waktu yang Baik untuk Mengonsumsi Vitamin A


 

source: http://www.livestrong.com/article/437992-what-does-eating-too-much-vitamin-c-do/


Sama seperti vitamin E, jenis zat pada vitamin A juga merupakan zat yang mudah larut dalam kandungan lemak. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi vitamin A setelah makan. 

Untuk vitamin A, dosis yang disarankan untuk dikonsumsi adalah  900 ug per hari dengan maksimal dosis maksimal 3.000 ug per hari. Dosis ini pun disesuaikan dengan kebutuhan vitamin A oleh tubuh kamu. Karena, jika kamu kelebihan vitamin A maka dampaknya pun juga tidak baik untuk tubuh kamu. Efek dari kelebihan mengonsumsi vitamin A antara lain adalah kerapuhan tulang, kerusakan hati, gangguan ginjal, gatal pada kulit, kerontokan rambut, hingga cacat janin bagi yang sedang mengandung.