Salah satu cara menghilangkan rambut atau bulu-bulu halus di tubuh dengan cara yang murah meriah adalah dengan mencukurnya. Cara tradisional ini banyak dipilih karena praktis dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Tapi, pernahkah kamu mengalami kulitmu menjadi lebih kasar setelah proses mencukur? Pasti pernah, bukan? Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kulitmu tetap halus bahkan ketika selesai mencukur.

Gunakan Pisau Cukur Tajam

Pastikan kamu menggunakan pisau cukur yang tajam atau bisa juga menggunakan pisau cukur sekali pakai. Pisau cukur yang kurang tajam akan membuatmu mencukur secara berulang-ulang. Selain dapat menyebabkan in-grown hair,
hal ini akan berakibat pada permukaan kulit yang akan mengalami luka sehingga akan menjadi kasar.

source: https://www.youtube.com/watch?v=60QrO05EVMg
baca juga

Gunakan Minyak Zaitun dan Gula

Setelah kamu mencukur dan membersihkannya dengan air, tentunya masih ada sisa-sisa sel kulit mati yang tak kasat mata, bukan? Untuk membuangnya, kamu perlu memberi scrub. Buat scrub yang berasal dari minyak zaitun dan gula. Pilih gula dengan butiran halus agar tidak melukai kulitmu yang telah menjadi lebih sensitif setelah proses pencukuran.

source: https://healthnbodytips.com/how-to-get-soft-hands-home-remedies.html/

Lalu cukur lagi. Ini akan membuang sisa-sisa sel kulit mati di permukaan kulit yang tertinggal akibat proses pencukuran tadi. Lakukan secara lembut agar tidak melukai kulit.

Gunakan Lotion

Setelah itu cuci bersih lalu keringkan atau dibiarkan mengering dengan sendirinya. Jangan diusap namun ditepuk-tepuk saja menggunakan tisu dengan permukaan yang halus. Beri lotion dengan bahan alami atau yang ramah kulit. Jika takut kandungan bahan kimia akan terserap ke pori-pori kulit yang terbuka setelah proses pencukuran, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.
source: https://cannizzoclutch.com/category/style-fashion/page/9/

Oleskan minyak zaitun secara merata ke permukaan kulit. Cara ini lebih aman. Minyak zaitun murni akan melembapkan kulitmu karena akan terserap secara mendalam ke pori-pori kuli.

baca juga

Hindari Menggaruk Kulit

Jika kamu merasa gatal setelah mencukur, coba teliti lagi barang kali pisau cukur yang kamu gunakan tumpul dan berkarat. Jika mengalami gatal-gatal, jangan digaruk karena dapat membuat kulit stres dan menjadi kasar. Oleskan krim pereda rasa gatal dan anti inflamasi.