Vitamin C


 

source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ambersweet_oranges.jpg

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat berpengaruh besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Thanks to the powerful antioxidant contained in vitamin C. Di dalam dunia kecantikan, vitamin C biasa digunakan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga terbukti secara klinis mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya bagi kulit.  

Tidak hanya menjaga kecerahan warna kulit, manfaat besar yang lainnya dari vitamin C untuk kulit adalah vitamin C mampu mencegah penuaan pada kulit. Vitamin C merupakan anti-aging alami yang bisa mencegah kulitmu dari pembentukan kerutan dan flek-flek hitam pada kulit. 

Buah dan sayuran dengan kandungan viatmin C yang tinggi: jeruk, lemon, anggur, kiwi, pepaya, brokoli, peterseli, kembang kol, bayam, wortel.

 

Vitamin E


 

source: http://theheartysoul.com/avocado-cayenne-salad-dressing/

Pastinya kamu juga sudah mengenal dengan baik manfaat dari vitamin E ini untuk kulitmu. Banyak produk skin care serta suplemen kulit yang menggunakan vitamin E sebagai bahan utama untuk mempercantik kulit. 

Sama seperti vitamin C, vitamin E ini mampu membantu kulit melawan radikal bebas yang ada di lingkungan sekitarmu. Selain itu, vitamin E juga diketahui mampu memperbaiki sel kulit yang rusak dengan cepat.

Buah dan sayuran dengan kandungan vitamin E yang tinggi: alpukat, bit, kiwi, bayam, asparagus, brokoli, sawi, daun bawang.

 

<baca juga>

Vitamin A


 

source: https://draxe.com/carrot-juice/

Kalau vitamin yang satu ini, kebanyakan orang pasti sudah mengenal manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan mata. Namu ternyata, selain untuk kesehatan mata, vitamin A ternyata juga memiliki manfaat yang tidak kalah besar untuk kecantikan kulit lho. 

Vitamin A memiliki retionoids yang mampu melawan tanda penuaan pada kulit seperti kerutan serta menanggulangi masalah jerawat. Selain itu, vitamin A juga kaya akan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari zat-zat berbahaya di luar tubuh.

Buah dan sayuran dengan kandungan vitamin A yang tinggi: pepaya, anggur, brokoli, wortel, sayur-sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam, daun bawang, lobak, kacang hijau, asparagus, brokoli.

 

Vitamin B


 

source: http://www.rosannadavisonnutrition.com/four-favourite-beauty-foods/

Berbeda dari vitamin-vitamin lainnya, vitamin B terdiri dari delapan jenis, yakni B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin atau niacin amide), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Jika disatukan, maka kedelapan kesatuan vitamin tersebut disebut sebagai vitamin “B complex”.

Seluruh vitamin B tersebut memiliki manfaat yang baik tidak hanya untuk kulit, tetapi juga untuk rambut dan kuku. Maka dari itu, mengonsumsi vitamin B complex sebagai suplemen harianmu sangat baik untuk kebutuhan nutrisi kulitmu.

Manfaat utama dari vitamin-vitamin B ini untuk kulit adalah kelembapan. Selain itu, vitamin B juga bisa memperbaiki lapisan epidermis yang rusak. 

Kedelapan macam vitamin B banyak ditemukan di dalam buah, sayuran serta jamur seperti berikut ini:

B1: kacang hijau, bayam, brokoli
B2: bayam, aparagus, daun bawang, brokoli, chard, lobak hijau, kubis
B3: asparagus, kacang hijau
B6: pisang, bayam, kol, bok choy, lobak hijau, bawang, kembang kol
B9: alpukat, jeruk, bayam, brokoli, asparagus, selada
B12: beberapa jenis jamur


 

<baca juga>

Vitamin K


 

source: http://www.well-beingsecrets.com/health-benefits-of-kale/

Mungkin vitamin K masih terdengar asing di telinga kamu. Vitamin K banyak ditemukan pada sayuran hijau dan diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Manfaat vitamin K untuk kulit antara lain menjaga elastisitas kulit, mencegah kerutanmenghilangkan bekas luka, memar, dan stretch marks. Selain itu, vitamin K juga berpengaruh dalam mempercepat proses penyumbuhan luka pada kulit dari dalam.

Adapun vitamin K banyak ditemukan pada sayuran hijau seperti: kubis, sawi, bayam, dan lain-lain.