Mengapa Latihan Beban?

source: https://www.pinterest.com/pin/304696731016685459/

Latihan beban membuat tubuh membutuhkan banyak oksigen hingga berhari-hari untuk memulihkan metabolisme tubuh, pada saat latihan beban, tubuh membakar kalori lebih banyak dan kita juga akan berkeringat lebih cepat.

Sebagai selingan untuk kamu yang bosan dengan latihan kardio kamu bisa memilih latihan beban, latihan beban melatih kekuatan otot, menjaga postur tubuh dan membakar kalori tubuh. Tentunya kamu juga harus memperhatikan keamanan dalam melakukan latihan beban, disarankan untuk meminta pengawasan dari triner yang berjaga di tempat fitnes kamu untuk memberikan panduan dan mengawasi postur tubuh ketika sedang berlatih. 



 

1. Lat Pull Down

youtube:AM7ehgwgkLE
source: https://www.youtube.com/watch?v=AM7ehgwgkLE
Lat pulldown - optimal technique for posture improvement & middle back recruitment

Lat pull down adalah sebuah alat yang didesain untuk membentuk postur tubuh. Mulailah dengan tanpa beban sebagai pemanasan dan kamu dapat menambah beban sesuai kemampuan kamu sesudahnya. Latihan ini akan membakar lemak dan membentuk otot dada belakang dan triceps.

Caranya adalah:

  1. Duduk pada kursi &  posisikan lutut dibawah penahan kaki
  2. Letakan tangan kamu pada ujung besi pegangan
  3. Busungkan dada  lalu tariklah besi secara perlahan
  4. Tarik nafas pada saat kamu menurunkan beban dan buang nafas ketika menarik beban.
  5. Lakukan 12x3 dengan selang istirahat 30 detik

 

2. Cable Pull

Jika kamu tidak percaya diri dengan lengan kamu, saatnya kamu latihan dengan cable pull. Jenis latihan ini akan membuat lengan bagian bawah kamu kencang & kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. 

Caranya adalah
  1. Berdiri sekitar 30 cm dari talinya
  2. Pegang tali di kedua ujungnyaberdiri tegak dengan kaki rapat, condongkan tubuh kamu ke belakang
  3. Kepit ketiak kamu pada sisi kanan kiri dada
  4. Tarik talinya lalu lebarkan talinya 
  5. Turunkan beban tapi jangan sampai tangan kamu naik semua, hanya pergelangan tangan saja yang naik dan biarkan lengan bagian atas kamu tetap berada di posisinya.
  6. Lakukan 12x3 dengan selang istirahat selama 30 detik
Mulailah dengan beban yang lebih ringan sebagai pemanasan, secara bertahap naikan beban sesuai kemampuan kamu.

 

3. Rowing Machine

youtube:ORI5ZNZARw8
source: https://www.youtube.com/watch?v=ORI5ZNZARw8
Rowing Machine - Best exercises to lose weight and tone up

Rowing machine adalah alat simulasi mendayung tapi dilakukan di dalam ruangan. Jika kamu rutin berolahraga dengan alat ini dapat membakar lemak sebanyak 125 kalori dalam 15 menit. Rowing machine membakar lemak dan melatih otot bagian betis, paha, pinggul, pantan, bahu & lengan. 

Caranya :

  1. Duduk dengan tegak
  2. Posisikan kaki pada tempat yang tellah disediakan
  3. Lalu tarik pegangan & dorong menggunakan kaki secara bersamaan
  4. Buang nafas ketika menarik beban dan ambil nafas ketika membuang beban
  5. Lakukan dengan perlahan-lahan, jangan terburu-buru karena akan membuat otot kamu cidera.

 

4. Shoulder Press

youtube:seUCEgPsBtc
source: https://www.youtube.com/watch?v=seUCEgPsBtc
Ladies Dumbbell Shoulder Press Exercise

Shoulder press tidak membutuhkan alat yang mahal, cukup dengan dumbell kita bisa membakar lemak pada bahu, punggung & lengan bagian bawah. Dumbell dapat di beli di toko olahraga dan kamu bisa melakukan latihan ini sendiri di rumah.

Caranya adalah :

  • Posisikan satu kaki di depan & kaki lainnya di belakang, jangan terlalu jauh karena posisi ini hanya bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh.
  • Dorong dumbell ke atas secara perlahan-lahan sambil membuang nafas
  • Turunkan dumbell sampai sejajar dengan bahu sambil menarik nafas
  • Lakukan latihan ini sebanyak 12x3 dengan selang istirahat 30 detik.