1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

source: http://www.seventeen.com/beauty/hair/advice/a25015/hair-brushing-mistakes/

Biasakan menyisir rambut sebelum berkeramas, menyisir rambut sebelum berkeramas akan mengurai kusut pada rambut setelah beraktifitas. Selain itu juga melancarkan peredaran darah di kulit kepala & merangsang produksi minyak pada rambut.

Pilihlah sisir dengan gigi jarang untuk mengurangi resiko lapisan batang rambut terkikis oleh gerigi sisir & sisir yang memiliki bantalan untuk mengurangi tekanan pada akar rambut.
 

2. Memilih Shampoo yang Tepat

source: http://www.meed-disney.com/2016/02/rambut-lurus-bermaya-dengan-shampoo.html?m=1

Produsen perawatan rambut memproduksi berbagai jenis shampo tentu memiliki tujuan khusus. Ada berbagai macam  jenis shampo, misalnya shampo khusus untuk rambut kering, rambut rontok, ketombe, membuat rambut halus bersinar, dll.

Kamu harus mengetahui apa jenis & keluhan rambut kamu untuk mengetahui shampo dengan perawatan apa yang cocok. Jika rambut kamu kering dan menggunakan shampo khusus untuk rambut berminyak, maka rambut akan semakin kering dan kasar. 

baca juga

3. Keramas dengan Benar

source: http://media-shareplus.blogspot.co.id/2015/01/manfaat-keramas-dengan-air-bagi-rambut.html

Tidak semua orang mengerti cara keramas yang benar. Tanpa disadari, malah sebagian wanita secara tidak langsung merusak rambut mereka saat & sesudah keramas. Berikut ini adalah tata cara yang benar:

  • Basahi rambut secara keseluruhan dengan air hangat
Air hangat berfungsi membuka  pori-pori kulit agar nantinya nutrisi pada shampoo dapat terserap sempurna. Membasahi rambut secara benar agar nantinya shampoo dapat menghasilkan busa untuk mengangkat kotoran dan minyak pada rambut.
  • Tuangkan shampoo pada tangan
Kesalahan yang sering terjadi adalah menuangkan shampoo langsung ke kepala. Tuang shampoo ke telapak tangan lalu gosok hingga berbusa lalu oleskan shampo secara merata ke kepala & rambut.
  • Pijat kepala dengan lembut
Pijat kulit kepala dengan ujung jari, pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengangkat lemak yang masih menempel pada kulit kepala. Pijatlah secara lembut dan jangan menggunakan kuku karena akan melukai kulit kepala, memijat terlalu keras justru akan merangsang rambut untuk memproduksi lebih banyak minyak
  • Bilas yang bersih dengan air dingin
Bilas hingga bersih & jangan sampai ada bagian yang terlewatkan, sisa shampoo yang tertinggal akan menyebabkan gatal dikepala hingg ketombe-an! Air dingin berguna untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut kamu, rambut kamu akan bersinar indah jika kamu rutin membilas rambut dengan air dingin.
  • Keringkan rambut

mengeringkan rambut yang benar adalah dengan membiarkan air pada rambut terserap pada handuk. Jangan menggosok-gosok rambut kamu dengan handuk karena akan melukai batang rambut.

4. Memilih Conditioner Sesuai Jenis Rambut

source: http://www.oleoo.com.br/7-coisas-que-danificam-o-seu-cabelo/

Gunakan conditioner secara rutin dapat melembabkan & menutrisi rambut kamu. Gunakanlah conditioner 3 inchi dari akar rambut, bantu dengan sisir pipih untuk mengaplikasikan conditioner yang merata. Diamkan conditioner selama 3-4 menit lalu bilas selama 1 menit. Jangan bilas condioner hingga rambut menjadi kesat karena seharusnya conditioner menempel tipis pada rambut anda untuk melembabkan dan melindungi batang rambut.

baca juga

5. Menggunakan Heat Serum untuk Rambut

source: http://www.fimela.com/beauty-health/6-serum-pilihan-untuk-rambut-cantik-terawat-131230m-page3.html

Jika rambut kamu sering kontak dengan alat styling rambut seperti hair dryer, catok atau pengeriting rambut non permanen, ada baiknya kamu menggunakan heat serum sebelum membentuk rambut kamu.

Kandungan heat serum dapat mengganti protein pada rambut yang hilang akibat proses pemanasan alat  penataan rambut, selain itu pemakaian heat serum membuat rambut lebih halus dan lebih mudah di tata. 
 

6. Creambath Rambut Minimal Satu Minggu Sekali

source: http://merkterbaik.com/merk-masker-rambut-yang-bagus/

Creambath merupakan perawatan rambut favorit para wanita. Di salon kecantikan proses creambath dilakukan selama 1-1,5 jam dengan berbagai macam pijatan di kepala, leher dan pundak sehingga melancarkan peredaran darah ke kepala. Jika kamu ingin menghemat pengeluaran atau jadwal kerja kamu padat, kamu dapat melakukan kegiatan creambath sendiri di rumah. 

Creambath sebaiknya dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu untuk mengembalikan vitamin dan kelembaban pada rambut. Kamu dapat memilih jenis creambath apa yang cocok untuk jenis dan permasalahan rambut kamu.