Bedak Padat

Menggunakan bedak padat saat kulit sedang berjerawat sangat tidak disarankan. Karena bedat padat membuat makeup menjadi terlalu berat, dan kulit yang sedang berjerawat bisa pecah atau cracking. Disarankan menggunakan bedak tabur untuk kulit wajah yang sedang berjerawat karena teksturnya lebih ringan dan memberi ruangan untuk kulit "bernafas".

source: http://www.maccosmetics.com/product/13849/37610/products/makeup/face/powder/iridescent-pressed-powder

Foundation Dewy-Finished

Penggunaan foundation untuk kulit berjerawat juga harus piih-pilih. Fundation yang dewy finished sebaiknya digunakan untuk kulit kering, bukan kulit berminyak yang mana dimiliki oleh kebanyakan orang yang berjerawat.
source: http://thesource.com/2015/07/09/from-the-runway-to-everyday-5-makeup-trends-every-girl-should-be-hip-to-this-summer/
<baca juga>

Pigment Merah

Menurut Skinpatico, pigmen berwarna merah yang terdapat pada lip tint yang digunakan sebagai blush on di pipi ternyata bisa menyebabkan jerawat loh. Karena pada lip tint terdapat bahan comedogenic yang merupakan turunan dari coal tar.
source: http://blog.ecoetsy.com/2011/07/eco-tutorial-blush-flush-natural-cheek-lip-stain/html

Kosmetik yang Mengandung Alkohol

Dr. James E. Fulton, dermatologis sekaligus penulis buku Acne Rx, mengatakan bahwa makeup yang mengandung alkohol bisa memicu dan memperparah jerawat, serta membuat kulit menjadi berminyak.

source: http://www.paulaschoice.com/expert-advice/skin-care-basics/_/alcohol-in-skin-care-the-facts
<baca juga>

Kosmetik yang Mengandung Minyak

Hindari juga produk yang oil-based seperti beberapa kosmetik berbahan cocoa butter dan mineral oil. Karena produk-produk tersebut hanya akan menambah minyak diwajah dan memicu lebih banyak jerawat.

source: https://stinabam.wordpress.com/2013/02/06/different-types-of-makeup-foundation/