Shea Butter and Coconut Oil


 

source: http://sheabutter.com/blog/shea-butter-and-coconut-oil/


Jika kamu mengalami luka bakar, luka gores, atau luka iris karena pisau sebaiknya jaga area tersebut agar tetap lembap dan selalu terbalut dengan perban ketika masa penyembuhan. Kamu bisa menggunakan shea butter atau coconut oil untuk menjaga lukanya agar tetap moist sehingga lukanya tidak semakin melebar atau gatal. 

Kandungan omega 3 dan antioksidan yang tinggi pada shea butter dan coconut oil telah terbukti mampu menncegah luka keloid untuk muncul dan memperbaiki kulit yang rusak akibat luka. Terlebih lagi, kedua bahan alami ini sangat efektif untuk melembapkan dan membantu pertumbuhan regimen kulit untuk mencegah munculnya bekas luka. Cukup oleskan shea butter atau coconut oil ke area kulit yang luka sebanyak 2-3 kali sehari dan tidak perlu dibilas. 
 

Onion Extract / Gel


 

source: http://www.businessinsider.com/how-an-onion-can-cure-an-ear-ache-2015-10?IR=T&r=UK&IR=T


Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan quercetin, kaempferol and cepalin pada bawang bombay dapat menghilangkan bekas luka secara efektif. Pada percobaan yang dilakukan, ekstrak bawang bombay ini bisa menghilangkan bekas luka dalam waktu 8 minggu. Selain itu, bawang bombay juga bisa membuat kulit semakin lembut lho. Kamu bisa menggunakan ekstrak bawang bombay atau gel-nya satu kali dalam sehari untuk menghilangkan bekas luka membandelmu.

 

Aloe Vera


 

source: http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-aloe-vera-for-skin-hair-and-health/


Lidah buaya sudah lama dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kecatikan kulit, termasuk menyembuhkan bekas luka. Tidak hanya bekerja sebagai soothing agent, lidah buaya juga bisa membantu meregenerasi lapisan tissu kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Sehingga, lidah buaya merupakan bahan alami yang tepat untuk menghilangkan luka bakar dan goresan. Kamu bisa mengoleskan getah lidah buaya langsung pada kulitmu yang terluka. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal. 

 

Apple Cider Vinegar


 

source: http://www.vegkitchen.com/tips/healthy-eating-tips-tips/how-does-apple-cider-vinegar-work-to-help-you-lose-weight/


Cuka apel merupakan astringent dan disinfectant natural yang bekerja baik sebagai antiseptic dan membantu menghilangkan sel kulit mati. Karena cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati, bahan alami ini bisa menjadi alternatif yang aman untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Campurkan cuka apel dengan madu. Lalu, oleskan ke kulit yang terdapat luka dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari agar bekas luka bisa cepat hilang.

 


Beautynesian, itulah 4 bahan alami yang bisa menjadi cara aman untuk menghilangkan bekas luka di tubuhmu. Apakah kamu memiliki rekomendasi bahan lain yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka? Yuk, sharing di kolom komentar bawah ini!