Oktober adalah "Breast Cancer Awareness Month"!

source: http://www.cityofhope.org/blog/31-facts-about-breast-cancer

Breast Cancer Awareness Month (BCAM) sebenarnya merupakan bulan peringatan nasional yang ditetapkan oleh Amerika untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker payudara. Namun, aksi ini menjadi terkenal secara global hingga akhirnya BCAM pun juga turut dilaksanakan di berbagai negara lainnya seperti Inggris. Selama bulan Oktober, masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti melakukan campaign, mengumpulkan donasi untuk para survivor kanker payudara, hingga membuat event-event seputar kanker payudara untuk memperingati BCAM . 

 

Ada Aplikasi yang Memudahkan Kita untuk Melakukan Pengecekan Payudara

source: https://itunes.apple.com/us/app/breast-check-now/id391746205?mt=8

Breast Cancer Now, sebuah organisasi breast cancer research and charity terbesar di Inggris, menciptakan sebuah aplikasi yang bisa membantu para penggunanya melakukan pengecekan pada tubuh mereka untuk mengenali gejala atau tanda-tanda kanker payudara. Aplikasi tersebut diberi nama "Breast Check Now". Breast Cancer Now berharap dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat dunia dapat dengan mudah mengikuti perkembangan informasi mengenai kanker payudara. Aplikasi ini bisa kamu download di Apple App Store dan Android Play Store (atau kamu bisa download langsung di sini Breast Check Now)  

 

baca juga

1 Dari Setiap 8 Perempuan Didiagnosa Mengalami Kanker Payudara Seumur Hidup

source: http://www.tchc.org/blog/tag/womens-health/
Studi di Amerika mendapati hasil bawah setiap satu dari delapan orang perempuan di Amerika mengidap kanker payudara secara invasif selama masa hidupnya. Sementara itu, sekitar 40,450 perempuan akan diperkirakan meninggal pada tahun 2016 karena kanker payudara. Amerika memang menjadi salah satu negara dengan jumlah survivor kanker payudara paling banyak di dunia. Dan, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah angka survivor di Indonesia menjadi berkembang mengingat gaya hidup masyarakat yang tidak berbeda jauh dengan masyarakat Amerika. Remember, there is always still a hope.

 

Kanker Payudara Tidak Ada Hubungannya Dengan Riwayat Keturunan

source: http://www.mylittletonhospital.org/mlh/for-patients-and-families/living-with-cancer/
Sekitar 85% kasus kanker payudara menyerang perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara di dalam silsilah keluarganya. Kanker payudara muncul karena adanya mutasi genetik yang diakibatkan oleh proses penuaan tubuh serta gaya hidup. Jadi, kanker payudara tidak ada hubungannya dengan riwayat penyakit pada keluargamu, but still you have to check your body and see it yourself. 

 
baca juga

Kanker Payudara Juga Menyerang pria

source: http://blog.healthgenie.in/awareness-about-breast-cancer-in-men/

Meskipun sebagian besar dari survivor kanker payudara adalah perempuan, namun kanker payudara juga dapat menyerang pria. The American Cancer Society mengumpulkan data bahwa setiap tahunnya terdapat 1,990 kasus kanker payudara pada pria yang sebagian besar telah berusia lanjut. Sementara itu, 480 kasus diantaranya berakhir pada kematian. Kanker payudara yang muncul pada pria bisa terjadi karena faktor sel pada payudara yang berpotensi menjadi kanker, atau sindrom Klinefelter. Sindrom Klinefelter adalah kondisi dimana bayi laki-laki lahir dengan jumlah hormon estrogen yang lebih banyak daripada jumlah normal pada tubuh laki-laki. 

 

Sel Kanker Payudara Juga Menyerang Seluruh Tubuh

Kanker payudara Metastatic adalah tingkat lanjutan dari kanker payudara (secondary breast cancer) di mana sel kanker pada payudara menyebar ke seluruh tubuh manusia seperti hati, paru-paru, dan tulang. Kanker payudara Metastatic ini merupakan penyebab utama kematian dari para survivor pengidap kanker payudara. Untuk memahami bagaimana proses dari kanker payudara Metastatic ini terjadi, kamu bisa play video di atas. Yuk, raise awareness for breast cancer dengan menyebarkan informasi tentang kanker payudara ke teman-teman perempuan kamu!