Cuci Alat Makeup Minimal Seminggu Sekali

Alat-alat makeup seperti kuas dan beauty sponge yang tidak dibersihkan akan menjadi tempat bersarangnya bakteri. Ketika alat ini kita pakai untuk mengaplikasikan makeup di wajah, maka bakteri yang ada di alat makeup akan berpindah ke wajah kita. Bakteri-bakteri inilah yang nantinya akan membuat wajah kita menjadi rentan ditumbuhi jerawat. Kuas dan beauty sponge harus dicuci minimal seminggu sekali, namun pencucian lebih cepat dari seminggu sekali sangatlah dianjurkan untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah kita.

source: http://www.thisyouneed.com/makeupbrushcleaner/

Cara mencuci kuas dan beauty sponge tidaklah susah. Kita dapat menggunakan sabun yang lembut untuk menjaga agar kuas dan beauty sponge tidak rusak. Saat ini telah banyak dijual sabun khusus untuk mencuci kuas dan beauty sponge. Jika dirasa terlalu mahal, kita juga bisa menggunakan sabun atau shampoo bayi sebagai alternatif.

Ganti Sarung Bantal Setiap Tiga Hari Sekali

Pada saat kita tidur di malam hari, kulit kita sedang melakukan regenerasi yang mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru. Walaupun tidak terlihat, namun bantal kita sebenarnya dipenuhi ribuan atau bahkan jutaan sel kulit mati. Selain itu, kotoran dan minyak pada rambut juga akan menempel ke bantal setiap kita tidur. Jadi bisa dibayangkan jika kita tidak rutin mengganti sarung bantal, maka akan ada ribuan koloni bakteri yang siap untuk menimbulkan jerawat di wajah kita.

source: http://vineverareviews.com/vine-vera-blog/improving-your-skin-as-you-sleep/
baca juga

Tata Rambut Agar Tidak Mengenai Kulit Wajah

Rambut adalah bagian tubuh yang selalu bersinggungan langsung dengan berbagai polusi yang terjadi di luar tubuh. Kotoran, minyak, serta bahan-bahan kimia dari produk perawatan rambut mudah sekali menempel dan mengendap di rambut. Jika kita biasa membiarkan rambut tergerai mengenai wajah, maka tidak menutup kemungkinan berbagai kotoran tersebut akan berpindah ke wajah.

source: http://www.blog.luxyhair.com/blog/2014/11/8/5-ways-to-protect-your-hair-while-you-sleep

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan rambut serta menatanya agar tidak terlalu sering mengenai kulit wajah kita. Hal ini perlu kita lakukan pula pada malam hari. Pada saat tidur, kamu bisa mengikat rambut ke atas dan menjauhkannya dari area wajah.

Biarkan Kulit "Beristirahat"

Saat melihat jerawat kita semakin memerah, kita memiliki kecenderungan untuk "mengotak-atik" jerawat dan memberikan berbagai krim untuk meredakannya. Sebenarnya kita hanya perlu memberikan waktu istirahat untuk kulit kita dan membiarkan sistem pertahanan tubuh yang mengobati jerawat secara alami.

source: http://pennywize.co/clean-your-face-with-oil/

Pada malam hari, kita bisa membersihkan wajah dari berbagai kotoran dengan melakukan double cleansing. Lalu segeralah pergi tidur tanpa perlu mengoleskan skincare apapun ke wajah. Biarkan kulit kita bernafas dengan tidak memberikan lapisan apapun ke wajah. Biasanya, kondisi kulit akan membaik pada pagi hari karena sistem pertahanan tubuh kita dapat leluasa melakukan perannya dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak.

baca juga

Konsumsi Makanan Sehat

Jerawat dapat terjadi dari berbagai hal, termasuk dari konsumsi makanan yang tidak sehat. Karena hal itulah, sangat penting bagi kita untuk menjaga pola dan menu makanan yang sehat supaya jerawat tidak muncul lagi di permukaan kulit kita.

source: http://beautyandskincaresecrets.org/food-nutrition-diet-for-healthy-beautiful-glowing-skin.html