Kimchi merupakan makanan kultural Korea yang secara umum terbuat dari kol dan pasta cabai yang difermentasikan. Sebenarnya, ada banyak sekali makanan khas Korea yang dibuat melalui proses fermentasi. Namun, kimchi lah yang paling terkenal dan bisa ditemukan di seluruh rumah makan Korea yang ada di Indonesia. 

Proses fermentasi sayuran pada kimchi pun ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan dan kesehatan. Karena manfaatnya yang nyata, proses fermentasi pun tidak hanya dikenal pada dunia makanan, namun juga dikenal pada dunia kecantikan di Korea. Seperti misalnya Secret Key, produk kecantikan paling terkenal dari Korea. Secret Key, menggunakan bahan utama dari hasil fermentasi ragi.

Nah, berikut ini adalah manfaat untuk kecantikan dan kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kimchi: 

Membuat Rambut dan Kulit Menjadi Lebih Cantik

source: https://thisbrunettesguide.wordpress.com/tag/beauty-2/

Kimchi mengandung selenium atau bagian dari glutathione, yakni bahan yang mampu menyusun vitamin C dalam tubuh sekaligus mempertahankannya di dalam tubuh. Dengan kata lain, kimchi mampu mengefektifkan fungsi vitamin C di dalam tubuh kita. Nah, kamu pasti tahu kan kalo vitamin C sangat berguna untuk kecantikan? Yup, jika kamu mengonsumsi kimchi dengan rutin layaknya orang Korea, maka kamu pun bisa mendapatkan kulit yang berseri sekaligus rambut yang berkilau. 
 

Memperlambat Proses Penuaan Kulit

source: http://www.worldstopmost.com/2017-2018-2019-2020/celebrities/most-beautiful-girls-korean-top-10-sexiest-richest-popular-best-list/

Proses fermentasi kimchi yang dilakukan selama dua minggu membuat kimchi kaya akan antioksidan. Nah, antioksidan ini lah yang membuat kulitmu awet muda dan terhindar kerutan. Selain itu, antioksidan yang tinggi pada kimchi juga membantu mencegah oksidasi sel kulit sehingga kulitmu bisa tetap tampak rileks dan segar meskipun kamu sedang stress.

 

Membantu Mengurangi Berat Badan

source: http://k-fitting.tumblr.com/post/122846089884

Kimchi mengandung capsaicin yang bisa mem-boost metabolisme di dalam tubuhmu dan memanfaatkan sisa-sisa energi yang dihasilkan dari karbohidrat yang kamu konsumsi. Sehingga, kimchi bisa membantu kamu mengurangi berat tubuh dengan memaksimalkan fungsi karbohidrat tanpa mengonsumsi makanan secara berlebihan. Psst, selain itu, dalam setiap 150 gram kimchi hanya mengandung sekitar 40 kalori saja lho!

 

Membantu Menjernihkan Penglihatan

source: https://id.pinterest.com/pin/520869513128715459/

Nah, kalau manfaat yang satu ini cocok banget buat kamu yang memiliki masalah dengan pengelihatanmu. Selain vitamin C, kimchi juga mengandung vitamin A yang tinggi lho! Dalam setiap 100 gram porsi kimchi mengandung 18% kebutuhan vitamin A harianmu. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi kimchi secara rutin, kamu bisa mendapatkan pengelihatan yang jernih dan sehat. Bye-bye glasses.
 

Mengandung Bakteria Baik dan Juga Probiotik yang Bagus untuk Tubuhmu

source: http://www.koreaboo.com/interactive/10-korean-fashion-styles-of-the-week-002/

Sama seperti yogurt, kimchi yang dibuat melalui proses fermentasi pun mengandung lactobacilli atau bakteri sehat yang sangat baik untuk penceraan. Selain itu, probiotik pada kimchi pun juga mampu membantu tubuhmu melawan infeksi. Sehingga, tubuhmu akan lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit.

 

Nah, itu tadi lima manfaat kimchi untuk kecantikan dan kesehatan. No wonder ya kalau para perempuan Korea memiliki tubuh yang langsing dengan kulit yang cantik. Yuk, ikuti cara nikmat wanita Korea ini untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat!