Pilihlah Sepatu Lari Yang Tepat

Meskipun bisa dibilang hal sepele, namun pemilihan sepatu untuk jogging adalah sesuatu yang harus diperhatikan, Pasalnya jika salah dalam memilih sepatu justru akan membuat cedera pada kaki. Pilihlah sepatu khusus untuk lari bukan sepatu kets biasa, karena ini memudahkan dan membuat ringan kaki pada langkah pertama. Selain butuh kenyamanan menggunakan sepatu khusus lari juga membuat kamu ingin melakukannya setiap hari. 

source: http://mozaic.co.id/male/lifestyle/kiat-kiat-memilih-sepatu-lari-agar-nyaman-dan-bebas-cedera/

Pemanasan dan Pendinginan Tubuh

Pemanasan dan pendingan tubuh sangat penting dilakukan sebelum melakukan jogging. Kamu bisa melakukannya dengan merefangkan otot dari kepala samapi kaki. Adapun manfaatnya :
1. Membuat tubuh lebih terpacu dengan mengunmpulkan energi, sehingga tubuh menjadi panas dan kamu akan lebih bergairah ketika melakukan jogging.
2. Menyesuaikan kinerja jantung pemanasan dilakukan agar jantung bekerja lebih cepat, sedangkan pendinginan dilakukan untuk menormalkan denyut jantung seperti semula sehingga ketika jogging jantung tidak akan kaget.
3. Meminimalisir terjadinya cedera, karena dengan melakukan pemanasan otot tubuh kita sudah lemas sehingga tidak akan kaget ketika dibawa jogging.

source: https://wakawakasports.wordpress.com/tag/running/

Posisi Tubuh Sewaktu Jogging

Posisi tubuh ketika jogging sangat penting karena jika salah akan menyebabkan cedera pada beberapa bagian tubuh. Seperti posisi kepala jangan terlalu menunduk, karena akan menyebabkan sakit pada otot leher atau posisi kaki, usahakan ketika langkah pertama bagian kaki yang menyentuh tanah pertama kali adalah bagian tengah telapak kaki, bukan ujung ataupun tumit. Jika kamu salah hal ini akan menyebabkan sakit dan cedera pada kaki.

source: http://www.magwuzz.com/2016/05/10-jenis-cedera-saat-olahraga-dan-cara-mengatasinya.html

Jogging Dengan Perlahan

Untuk seorang pemula ketika jogging usahakan jangan langsung dengan kecepatan tinggi, namun lakukan secara perlahan. Misalnya jika kamu cape di tengah jalan kamu bisa berjalan kemudian kembali jogging. Karena jika langsung dengan kecepatan tinggi yang ada akan cepat lelah sehingga kamu jadi malas untuk melakukannya lagi. Tidak lupa lakukan dengan jarak 200 - 300 meter, lalu kamu bisa menambah jarak di hari berikutnya.

source: http://blogoenik.blogspot.sg/2012/01/tips-jogging-dan-manfaatnya.html

Trik Pernapasan

Ketika jogging mengatur pernapasan adalah hal yang wajib diperhatiakan, karena jika salah dalam mengambil dan mengeluarkan nafas kamu aka cepat lelah. Usahakan ketika mengambil dan mengeluarkan nafas menggunakan hidung karena teknik ini tidak kan membuat kamu cepat kelelahan. Namun beda hal dengan mulut, ini akan membuat kamu cepat lelah. Sehingga waktu jogging sangat sebentar.
source: http://erabaru.net/2016/03/07/teknik-pernapasan-untuk-tingkatkan-stamina-4/

Air Mineral

Bagi pemula, ketika jogging bawalah air mineral karena kamu akan merasa cape dan haus sekali ketika diawal. Namun usahakan minum dengan air mineral bukan soda ataupun minuman berasa lainnya. Air mineral mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika sedang jogging.

source: http://aleshanews.blogspot.sg/2015/03/tips-membedakan-air-mineral-asli-atau.html