1. Alpha Arbutin

source: http://gluteranews.timesindonesia.co.id/baca/42/20150228/131827/mengenal-alpha-arbutin.html


Alpha Arbutin merupakan ekstrak dari tanaman Bearberry yang sering digunakan dalam produk pemutih kulit. Kandungan ini bekerja aktif sebagai pemutih alami yang menghambat pembentukan melanin dan flek hitam dengan memperlambat aktivitas tirosinase pada kulit. Seperti yang kamu tahu, melanin memang berperan besar dalam membuat kulit menjadi kusam dan mempengaruhi warna pigmen kulit. Karena itulah tidak jarang whitening skincare memanfaatkan Alpha Arbutin sebagai kandungannya untuk menghambat munculnya melanin pada wajah. Karena Alpha Arbutin berasal dari bahan alami, pastinya kandungan ini sangat aman untuk kesehatan wajah.

 

2. Beta Arbutin


 

source: https://www.aliexpress.com/beta-arbutin_reviews.html


Beta Arbutin merupakan adik dari Aplha Arbutin. Beta Arbutin juga terbuat dari ekstrak bearberry yang telah teruji klinis dapat mencerahkan skin complexion. Sama seperti kakaknya yang menekan produksi melanin pada kulit, Beta Arbutin juga berperan dalam menurukan kadar melanin di dalam kulit. Bedanya, efek Beta Arbutin tidak sekuat Alpha Arbutin tapi masih tetap memiliki khasiat yang ampuh untuk memutihkan kulit. 

 

baca juga

3. Mullberry


 

source: http://www.islamiclife.com/health/2016/fruit_as_medicine_mulberry.php


Bahan pemutih kulit yang aman selanjutnya datang dari buah Mullberry. Ekstrak Mullberry memang sering dimasukkan dalam formula skincare pemutih karena kemampuannya yang lebih efektif dari hydroquinone namun dengan konsentrasi yang lebih rendah. Tingkat konsentrasinya yang lebih rendah ini membuatnya jauh lebih aman untuk memutihkan kulit. 

 

4. Glutathione


 

source: https://thetruthaboutcancer.com/what-is-glutathione/


Glutathione sering disebut sebagai master antioksidan karena dapat meregenerasi dirinya sendiri di dalam liver setelah selesai memerangi radikal bebas di dalamnya. Glutathione juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang tentunya bermanfaat untuk kecantikan kulit dan menghambat produksi melanin. Selain itu, Glutathione juga bermanfaat untuk memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh sehingga bisa membuat kulit menjadi halus, lembut dan cerah. Biasanya Glutathione ini digunakan pada skincare berbentuk krim, lotion, sabun, ataupun suplemen.
 

baca juga

5. Asam Kojic


 

source: https://indonesian.alibaba.com/product-detail/bulk-skin-whitening-kojic-acid-powder-best-price-60238608780.html


Asam Kojic sudah lama menjadi rahasia kulit putih berseri para wanita. Bahan asal Jepang ini telah banyak dimanfaatkan untuk memutihkan kulit karena dapat menekan produksi melanin yang berpengaruh pada warna pigmen kulit yang kusam. Selain memutihkan kulit, Asam Kojic juga bisa menangani masalah hiperpigmentasi karena noda hitam dan bekas jerawat, serta berfungsi sebagai agen anti-aging yang menghambat proses penuaan.  Bagi kamu yang penasaran, Asam Kojic ini merupakan butiran kristal kecil yang dapat ditemukan pada jamur. Karena terbukti aman untuk kulit, Asam Kojic telah banyak digunakan di banyak produk skincare pencerah kulit dan juga perawatan dokter. 

 

6. Pepaya


 

source: https://abisyakir.wordpress.com/tag/buah-pepaya/


Buah pepaya mengandung enzim yang dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit mati dan memicu tumbuhnya kulit baru. Karena itu, ekstrak buah pepaya sangat ampuh untuk mencerahkan kulit. Lalu, kandungan vitamin E di dalam buah pepaya juga baik untuk menutrisi kulit dan melembapkan kulit secara alami lho. Jadi, kamu bisa memilih produk skincare yang mengandung ekstrak pepaya jika ingin kulitmu putih berseri.

 

7. Akar Licorice


 

source: http://infoherbalis.com/2016/09/akar-manis-herbal-pemutih-dan-pencerah-kulit-alami.html


Salah satu tanaman pengobatan tradisional Ayurveda asal India ini diketahui dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi dan kulit yang kusam. Di dalam Akar Licorice terkandung zat yang dapat menghambat proses pembentukan melanin sehingga bisa mencerahkan tone kulit. Oh iya selain memutihkan kulit, Akar Licorice juga dapat mengatasi masalah kemerahan pada kulit akibat terbakar sinar matahari. 

 

8. Vitamin C


 

source: http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/mitos-dan-fakta-tentang-vitamin-c/


Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C dapat mencerahkan kulit secara alami. Tahukah kamu? Di dalam vitamin C terdapat kandungan yang mampu menghambat perkembangan pigmen melanin sehingga sudah pasti dapat menjadi jawaban atas masalah kulit kusam kamu. Kamu bisa menemukan kandungan vitamin C dalam produk skincare yang biasanya disebut sebagai Magnesium Ascorbyl Phosphate. Jenis vitamin juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV lho. Jadi, kulitmu bisa terbebas dari masalah kulit kusam dan menjadi cerah dengan vitamin C ini. 
 

9. Vitamin A


 

source: http://www.livescience.com/51975-vitamin-a.html


Vitamin A yang memiliki kandungan retinol tinggi dapat mencerahkan kulit secara aman dengan cara meregenerasi sel kulit. Selain membuat kulit nampak cerah, kandungan vitamin A juga dapat melembapkan dan memicu produksi kolagen dalam kulit  jika dikombinasikan dengan Alpha Hydroxy Acid  (AHA).
 

10. Vitamin B3


 
source: http://www.livescience.com/51825-niacin-benefits.html


Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata vitamin B3 dapat digunakan sebagai bahan pencerah kulit. Vitamin yang juga disebur dengan nicotinamide ini memiliki cara kerja sama seperti kebanyakan bahan lainnya yaitu memperlambat produksi melanin pada kulit. Vitamin B selain dapat ditemukan pada produk skincare, tapi saat ini juga sudah banyak diproduksi sebagai kapsul pencerah kulit.