1. Mencerahkan & Membuat Kulit Berkilau Alami

Kulit yang cerah dan berkilau memberi kesan cantik untuk kita. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan berkilau, kita dapat menggunakan santan untuk dijadikan masker, kemudian diamkan 10 atau 15 menit lalu bilas hingga bersih. Penggunaan santan dengan cara tersebut dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kita. Apabila dilakukan secara rutin maka kulit wajah menjadi lebih halus, cerah, dan berkilau secara alami.

source: http://www.natural-homeremedies.com/blog/best-treatment-for-wrinkling-of-skin/

2. Melembabkan Wajah secara Alami

Santan kaya kandungan nutrisi sehingga dapat digunakan sebagai pelembab alami untuk kulit. Kandungan minyak alami pada santan juga dapat menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi. Sehingga perawatan kulit wajah dengan menggunakan santan dapat mengatasi kulit kering dan kusam. Penggunaan santan sebagai pelembab alami bisa dilakukan dengan cara mengoleskannya secara langsung pada kulit wajah kita atau mencampurnya dengan air mawar lalu pijat perlahan dan diamkan beberapa menit untuk kemudian dibilas.

baca juga

3. Pembersih Alami untuk Wajah

Kulit wajah yang tidak bersih dari sisa make up, debu, dan polusi sering kali menimbulkan masalah pada kulit kita. Santan bisa dijadikan alternatif pilihan untuk membersihkan wajah secara alami. Santan yang digunakan sebagai pembersih selain dapat membersihkan sekaligus dapat menutrisi kulit secara bersamaan. Pembersih alami santan dapat dibuat dengan cara mencampur santan dengan olive oil kemudian celupkan kapas dan usap perlahan ke seluruh bagian wajah hingga kulit wajah bersih.

source: http://www.healthnutnation.com/2016/03/31/homemade-coconut-milk/

4. Mencegah Munculnya Masalah Pada Kulit Wajah


Santan yang digunakan untuk membersihkan wajah dapat mencegah timbulnya masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan noda pada wajah. Hal ini dikarenakan santan memiliki kandungan antibakteri dan lemak alami pada santan tidak akan menyumbat pori - pori wajah apabila digunakan untuk perawatan kulit wajah. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan dengan santan untuk mencegah masalah pada kulit yaitu dengan menjadikan santan sebagai scrub, caranya campurkan santan dan oat kemudian oleskan pada kulit wajah lalu diamkan 10 menit untuk selanjutnya gosok dan bilas hingga bersih.
 
baca juga

5. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Santan tinggi akan kandungan vitamin C yang memang dibutuhkan oleh kulit untuk menghambat terjadinya penuaan dini pada kulit kita. Selain itu santan juga mengandung vitamin E, B1, B3, B5, dan B6. Kandungan nutrisi pada santan menjaga elastisitas dan fleksibilitas kulit sehingga menjadikan kulit wajah sehat. Penggunaan santan sebagai perawatan wajah alami kita dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini seperti mencegah keriput, kulit wajah kendur, dan bintik penuaan.

source: https://www.azurestandard.com/healthy-living/dairy-free-casein-free-coconut-milk-powder/