1. Oval Face


 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Bersyukurlah kalau kamu tergolong ke dalam wanita yang memiliki wajah oval. Bentuk wajah oval memang merupakan bentuk wajah paling sempurna dan masuk untuk semua jenis potongan rambut. You can try as much haircut as you want because it will look good anyway. Tidak ada jenis haircut yang "terlarang" buat jenis wajah ini, tapi ada beberapa jenis haircut yang kami rekomendasikan agar wajah oval kamu tidak terbuang sia-sia. Kamu bisa mencoba potongan rambut A-Line Bob, Long Wavy hairstyle, atau Shoulder-Length Flip.

 

2. Round Face


 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Tipe wajah round ditandai dengan bentuk wajah yang bulat seperti lingkaran dengan pipi chubby dan dagu yang full. Nah kalau kamu memiliki bentuk wajah ini, sebaiknya kamu menghindari jenis potongan rambut dengan poni, pixie, atau rambut sebahu yang keriting karena hanya akan menghighlight bagian pipimu yang chubby. Akibatnya, wajahmu akan terlihat penuh dengan pipi yang besar. 

Sangat disarankan bagi pemilik wajah bulat untuk mencoba potongan rambut Lob dengan belah pinggir, kuncir pony-tail rendah di bagian samping, atau rambut layer yang panjang. Ketiga jenis haircut ini bisa menutup dan menyembunyikan pipimu yang chubby. 

 

3. Square Face


 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Walaupun jenis wajah kotak terkesan maskulin, tapi banyak selebritis Hollywood seperti Angelina Jolie, Demi Moore, Keira Knightley terlihat sangat menawan dengan bentuk wajah ini. Jadi, kamu jangan berkecil hati ya! Kamu bahkan bisa meng-highlight wajah kotak kamu dengan haircut style yang cocok seperti layer panjang dengan poni samping, rambut bergelombang yang panjang, dan A-Line Bob se-dagu. Hindari juga potongan rambut seperti pixie dengan poni, pony-tail yang sleek, dan bob rata se-dagu karena dapat menonjolkan bentuk wajah kotakmu.

 

4. Long Face (Oblong)


 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Bentuk wajah lonjong atau yang disebut oblong sebenarnya hampir mirip dengan bentuk wajah oval, hanya saja oblong memiliki bentuk yang lebih panjang dan lebih lancip pada bagian dagu. Apakah kamu pemilik wajah oblong? Kalau begitu kamu harus selalu mengingat bahwa volume rambur harus berfokus atau menghighlight bagian samping wajahmu, bukan pada bagian atas kepala karena hanya akan membuat wajah terlihat lebih panjang.

Kamu bisa mencoba potongan layer yang panjang awalnya dimulai dari cheekbones kamu. Poni depan ataupun poni samping juga akan cocok di wajah oblong dengan rambut yang sedikit wavy di bagian samping. Lalu, wanita berwajah oblong juga harus menghindari haircut yang terlalu menonjolkan bagian dahi atau potongan rambut lurus tanpa layer karena bisa mempertegas bentuk wajah yang lonjong.

 

5. Heart Face / Inverted Triangle


 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Bentuk wajah ini merupakan bentuk yang paling cute karena lebar di bagian dahi dan mengecil di bagian dagu sehingga membentuk lambang hati. Untuk bentuk wajah hati, Beautynesia menyarankan untuk menggunakan hairstyle seperti bouncy curl dari bagian samping pipi. Rambut keriting ini bisa mengisi ruang kosong pada bagian dagu dan memberikannya ilusi volume sehingga bisa memberikan proporsi yang seimbang pada area dahi yang lebar dan dagu yang kecil.

Poni panjang menyamping juga bisa menjadi haircut yang sesuai untuk bentuk wajah hati. Tapi, bentuk wajah ini harus menghindari haircut yang memberikan volume pada bagian atas kepala (dahi) karena hanya akan memberikan kesan dahi yang lebih lebar pada wajahmu. So, don't ever try this haircut.
 

6. Diamond Face



 

source: http://therighthairstyles.com/what-hairstyle-suits-your-face-shape/


Diamond shape memiliki struktur yang hampir mirip dengan Heart shape. Bedanya, diamond shape memiliki tulang pipi sedikit lebih lebar dibandingkan Heart shape. Karena bentuk wajah ini memiliki banyak struktur tulang yang bisa ditonjolkan seperti tulang pipi tinggi dan jawline yang feminim, maka potongan rambut layer sangat cocok untuk Diamond shape. Potongan layer bisa menonjolkan semua tulang wajah dan memberikan highlight bagian samping wajah. Nah, bentuk wajah ini juga harus menghindari potongan rambut yang memberikan kesan flat dan menutup bagian tulang pipi.