Do

source: http://www.pureskins.com.au/beauty/natural-foundations-that-work/
Sesuaikan dengan warna kulit, bukan warna yang ingin kamu hasilkan (misalkan lebih gelap atau lebih terang) namun warna asli. Ini akan lebih memberikan hasil yang natural untuk kulit wajahmu. Foundation dipakai untuk dijadikan base, jika kamu ingin memberi warna pada wajahmu, gunakan bronzer.

Aplikasikan secara tipis-tipis lalu tambah layer jika memang dibutuhkan untuk coverage yang lebih tebal. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak dalam sekali pulasan karena dapat membuat hasil kurang natural dan tebal.

Pilih tekstur foundation yang kamu suka. Jangan tergoda dengan komposisi atau kelebihan lain foundation misalnya yang melembapkan dan sebagainya. Jika memang kamu ingin pelembap, maka gunakan moisturizer tersendiri. Jadi, jika kamu ingin menggunakan foundation ringan dengan tekstur yang matte, gunakan saja.

Jadilah diri sendiri, karena makeup pada dasarnya digunakan untuk memperbaiki tampilan wajah. Perhatikan apakah foundation yang kamu gunakan bisa mendukung hal tersebut atau malah sebaliknya. Pastikan makeup-mu dapat membuatmu senang dan gembira, bukan malah menurunkan rasa percaya diri.

Don't

source: http://www.huffingtonpost.com/2013/12/09/flawless-foundation-tip_n_4409661.html
Jangan takut untuk bereksperimen. Kamu bisa memadukan luminizer jika memang diperlukan. Biasanya kamu igin pergi ke acara formal. Atau, jika kamu ingin berlibur ke pantai atau tempat dengan paparan sinar matahari maksimal, tambahkan foundation mu dengan SPF untuk menciptakan perlindungan.

Jangan lupakan concealer. Foundation dan concealer memiliki fungsi yang berbeda, jadi jangan disamakan. Gunakan concelaer jika memang diperlukan.

Jangan merasa terpaksa untuk memakai foundation dengan tekstur tertentu. Jangan terpengaruh dengan apa kata orang, semisal orang-orang di sekitarmu menyarankan untuk memakai foundation A yang memiliki coverage maksimal da tekstur matte, kamu tidak perlu melakukannya jika kulitmu memang tidak membutuhkannya. Sebaliknya, jika temanmu menyarankan untuk memakai foundation dengan tekstur yang sheer sedangkan kamu memerlukan yang lebih dapat memberikan coverage, lakukan sesuai kebutuhan.