source: http://sites.psu.edu/siowfa15/2015/12/04/is-sleeping-with-makeup-that-bad/


Setelah lelah beraktivitas seharian, memang nyaman sekali rasanya untuk berbaring di kasur hingga tertidur. Namun, justru hal inilah yang harus dihindari oleh kamu yang selalu menggunakan makeup ketika beraktivitas di siang hari. Setipis atau sesedikit apapun makeup yang kamu aplikasikan pada wajah, harus tetap dibersihkan hingga tak tersisa. 


Kulit merupakan organ terluar dari tubuh kita yang sangat rentan karena terpapar langsung dengan lingkungan luar, seperti debu, polusi, kuman, bakteri, dan sumber masalah kulit lainnya. Maka dari itu, kita harus selalu memperhatikan kebersihan kulit dengan seksama. Seperti yang diungkapkan oleh seorang Dermatologist, David Orentreich, M.D,;

“Your skin is constantly working 24 hours a day. During the day, your skin is in protection mode — keeping your complexion free from harmful rays and free radicals. At night, your skin goes into repair mode — creating healthy cells, regenerating levels of collagen, and more. By sleeping in your makeup, your skin has to work way harder to get through all that dirt and grime."
source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g3381062/sleeping-in-makeup-bad-for-skin/


Berikut ini adalah hal-hal buruk yang akan terjadi pada kulitmu jika kamu membiasakan tidur dengan menggunakan makeup:

Pori-Pori Kulit Wajah Menjadi Rusak

source: http://www.livestrong.com/article/71571-difference-between-clogged-pores-/

Membiarkan makeup berlama-lama di wajahmu akan menyebabkan pori-pori wajahmu kotor dan tersumbat. Selain itu, masuknya kotoran ke dalam pori-pori pun akhirnya menyebabkan pori-pori wajahmu membesar. Maka dari itu, sebaiknya kamu rajin membersihkan sisa makeup dan memberikan kesempatan bagi pori-pori kulit wajahmu untuk bernafas dan berada dalam kondisi yang bersih, terutama ketika kamu tidur.
 

Kulit Wajah Menjadi Kering

source: https://www.makeupgeek.com/content/articles/best-foundation-techniques-for-dry-skin/

Makeup yang membuat wajah kamu begitu fresh di siang hari akan menghilangkan kelembapan kulit alami wajahmu jika digunakan terus-menerus hingga malam hari. Maka dari itu, kamu harus membersihkan wajah supaya kulitmu bisa mengembalikan kelembapan alaminya di malam hari. Selain itu, untuk membantu mempertahankan keseimbangan kadar air dan minyak pada kulit wajah, kamu juga bisa menggunakan moisturizer sebelum tidur.
 

Gerbang Utama Breakout dan Jerawat

source: http://faze.ca/acne-hacks-cover-up/

Meskipun jenis kulit wajahmu bukan termasuk jenis kulit sensitif, kamu tidak boleh meremehkannya. Makeup yang menempel di wajahmu akan menyerap berbagai kotoran beserta bakteri dan kumannya dari debu dan polusi di sekitarmu. Pada akhirnya, kotoran-kotoran yang menempel ini lah yang akan memberikan kesempatan besar bagi bakteri untuk menimbulkan jerawat pada kulit wajahmu yang sebelumnya mulus. Jika kamu membiasakan hal buruk ini, maka kulit normalmu dijamin akan menjadi sensitif dan berjerawat.
 

Kulit Menjadi Iritasi

source: http://www.idiva.com/news-style-beauty/what-really-happens-when-you-sleep-with-your-make-up-on/35825

Kulit memang diciptakan untuk menjadi bagian tubuh yang paling kebal jika terkena oleh benda asing termasuk makeup. Namun, membiarkan benda asing seperti makeup menempel pada kulit wajah kamu terlalu lama juga bukan merupakan hal yang baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi ada area kulit di sekitar wajah kamu, seperti mata bengkak, bibir perih atau gatal, kulit gatal, dan sebagainya. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Orentreich:

“The skin is good at tolerating a lot of things, but it can become reactive. You don’t want to leave things on longer than you have to. So makeup that might be fine for eight hours can actually create a negative reaction in your skin when left on the skin for 24 hours"
source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g3381062/sleeping-in-makeup-bad-for-skin/


Itu tadi akibat yang bisa kamu alami jika kamu malas membersihkan makeupmu sebelum tidur. Bagaimana Beautynesian, masih terlalu lelah dan malas untuk membersihkan makeupmu sebelum tidur?